Mau Bawa Snow Globe Selama Penerbangan? Sebaiknya Kemasi di Dalam Koper

Snow globe alias bola salju hingga kini masih menjadi salah satu souvenir yang laris dibeli oleh pelancong yang akan pulang dari Eropa. Tapi tahukah Anda, bahwa di elemen yang ada di dalam snow globe didominasi oleh cairan, ya efek sebaran salju bisa tercipta berkat adanya cairan di dalam bola tersebut. Dan kini ada kabar terbaru, bahwa snow globe yang akan dibawa terbang harus mendapat perlakuan khusus.

Baca juga: Belanda Diterpa Cuaca Buruk, Bandara Schiphol Bakal Lebih Sepi di Akhir Tahun

Snow globe mendapat perlakuan khusus, lantaran ada ke khawatiran tentang muatan cairan yang ada di dalam bola. Bila dahulu penumpang bebas membawa snow globe ke dalam kabin, kini ada peraturan di Bandara Dublin, Irlandia, yang menyebut snow globe bisa dibawa naik ke pesawat, asalnya ditempatkan di bagasi kargo. Hal ini menyiratkan otoritas bandara tak ingin mengambil risiko untuk keselamatan penerbangan, meski sejatinya kadar air yang ada di snow globe terbilang minim.

Adanya perbedaan tekanan kemungkinan bisa berujung pada masalah di kabin. Atau bisa juga kuatitas snow globe yang dibawa penumpang menjadi perhatian bagi pihak keamanan bandara.

Terkait dengan momen Hari Raya Natal pada 25 Desember 2017, Juru bicara bandara Dublin, Siobhán O’Donnell mengatakan, pada 22 Desember ini akan menjadi hari tersibuk sebelum Natal dengan hampir 85 ribu penumpang. Namun, di bandara Dublin sebaiknya jangan membungkus dan membawa bola salju dengan tas tangan (hand carry), seperti detailnya dapat Anda simak di video berikut ini.

Peraturan membawa cairan penerbangan di Uni Eropa masih berlaku. Sehingga penumpang diingatkan untuk mengemasi hadiah dalam botol atau wadah berukuran lebih dari 100 ml ke dalam koper. Tentang larangan membawa snow globe ke dalam kabin juga bukan hanya dilakukan Bandara Dublin. Transport Security Administration (TSA), lembaga di bawah Department of Homeland Security Amerika Serikat, malah telah menetapkan aturan itu sejak tahun 2012 silam.

Saat Natal, anak-anak kecil di Amerika Serikat dan Eropa banyak yang bepergian dengan membawa snow globe. Dengan adanya aturan ini, tentu akan memisahkan antara anak dan snow globe selama perjalanan di udara.