Lima Poin ini Siap Ubah Persepsi dan Jadikan Anda Seorang Komuter Sepeda!

Ilustrasi Bersepeda. Sumber: istimewa

Kendati dewasa ini sudah banyak moda transportasi yang menawarkan banyak kelebihan dan kenyamanan, namun tetap saja ada alternatif transportasi lain yang lebih murah, ramah lingkungan, dan dapat membantu menyehatkan tubuh. Ya, bersepeda! Tidak bisa dipungkiri, dengan bersepda kita dapat membantu pemerintah dalam menyukseskan program pemberantasan polusi, mengurangi kemacetan, dan yang paling penting adalah menyehatkan tubuh Anda sendiri.

Baca Juga: Yuk Bersepeda, Mengurangi Polusi Sembari Membakar Kalori di Tubuh

Namun sayangnya, masih banyak saja orang yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor pribadi yang sebenarnya bertolak belakang dengan program pemerintah tersebut. Mungkin dilandasi oleh mobilitas mereka yang tinggi dan tolak ukur waktu perjalananlah yang mendorong mereka untuk tetap menggunakan kendaraan pribadi. Sebenarnya, ada beberapa poin yang patut diketahui oleh Anda yang mulai tergerak untuk beralih menggunakan sepeda.

Berikut, KabarPenumpang.com himpun beberapa poin tersebut, dikutip dari laman asunow.asu.edu (1/5/2018).

Anda Tidak Memerlukan Peralatan Khusus
Menjadi seorang komuter sepeda tidaklah memerlukan perlengkapan khusus sebagaimana outfit berbahan spandex, helm sepeda, hingga goggles yang dikenakan oleh para atlet. Anda cukup menggunakan pakaian yang nyaman ketika dikenakan dan jangan lupa untuk membawa baju ganti semisal Anda menggunakan sepeda menuju kantor. Tidak enak bukan bekerja dengan menggunakan baju yang sudah dibasahi oleh keringat?

Anda Tidak Perlu Menggunakan Sepeda Mewah
Walaupun memiliki banyak ragam dan varian, tapi percayalah, Anda tidak memerlukan sepeda yang harganya di atas rata-rata. Cukup memastikan setiap bagian dari sepedanya tersebut berjalan baik sehingga dapat menunjang perjalanan Anda.

Anda Harus Tetap Terhidrasi
Jangan sampai memaksakan diri untuk tetap bersepeda ketika Anda mulai merasa haus. Layaknya cabang olahraga lain, bersepeda pun memaksa tubuh Anda mengeluarkan banyak keringat dan cakupan cairan yang ada di dalam tubuh Anda harus tetap terpenuhi. Usahakan untuk berhenti terlebih dahulu semisal Anda mulai merasa kehausan agar tetap terhidrasi.

Baca Juga: Semakin Sulit Bawa Sepeda di Kereta, Inilah Curhat Pesepeda di London 

Dapat Dikombinasikan Dengan Aplikasi
Layaknya moda lain yang dapat ‘dituntun’ oleh aplikasi, pun dengan sepeda. BikeMaps merupakan salah satu contoh aplikasi yang dapat membantu para komuter sepeda menemukan rute aman. Tidak hanya BikeMaps, sebut saja Strava dan beberapa aplikasi lain yang memiliki fungsi yang hampir sama.

Manfaat Seumur Hidup
Selain soal kesehatan, ternyata bersepeda pun membawa dampak jangka panjang juga lho! Direktur School of Geographical Sciences and Urban Planning, Trisalyn Nelson mengungkapkan bahwa ada satu manfaat lain yang didapat dengan bersepeda. “Kondisi finansial mereka pun akan terbantu,” ujar Trisalyn. Jika diperhatikan, bersepeda bisa dibilang jauh lebih irit ketimbang menggunakan kendaraan pribadi, salah satu contoh yang paling menonjol adalah sepeda tidakmembutuhkan bensin!

Jadi, apakah Anda masih ragu untuk mulai meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan sepeda?