Intip Kerlap Kerlip Wisata Kereta Api Khas Negeri Sakura

Sumber: Japan Monthly Web Magazine

Selain terkenal dengan industri film kartunnya yang mendunia, Jepang juga beken dengan dunia perkeretaapiannya. Sebut saja Shinkansen, salah satu pionir kereta cepat di dunia ini banyak dijadikan benchmark oleh beberapa negara lain. Saking cintanya akan jaringan perkeretaapiannya, banyak warga Jepang yang tergabung dalam satu komunitas yang mengatasnamakan dirinya sebagai pecinta kereta (railway geeks).

Baca Juga: “Pokemon with You Train,” Kereta Tematik Pelipur Duka Anak-Anak Korban Gempa Jepang

Tapi, jangan kira Jepang hanya memiliki kereta yang secara harfiah ditugaskan untuk mengantar penumpang saja. Jika ditelisik lebih dalam, ada banyak lho jenis kereta di Negeri Sakura yang mengemban dua tugas sekaligus ; Mengantarkan penumpang, dan memberikan pelayanan khusus kepada para penumpangnya. Kira-kira, layanan apa saja ya yang disuguhkan oleh perkeretaapian Jepang ini? Dilansir KabarPenumpang.com dari laman tsunagujapan.com, inilah beberapa kereta yang menyuguhkan layanan khusus di dalam perjalanannya.

Sanriku Railroad

Sumber: tsunagujapan.com

Berbeda dengan kebanyakan kereta yang memiliki tempat duduk konvensional, Sanriku Railroad memiliki satu layanan yang dikenal dengan kotatsu train. Dalam bahasa Jepang, kotatsu sendiri merupakan meja yang pada bagian bawahnya memiliki sistem penghangat ruangan dan pada bagian sisi-sisinya dilengkapi dengan kain tebal semacam selimut.

Dengan atmosfer yang kental dengan nuansa rumah khas Jepang, membuat kereta yang mengular di Prefektur Iwate ini selalu ramai ditumpangi oleh para penumpang yang biasanya didominasi oleh wisatawan.

Tohoku Emotion

Sumber: jreast.co.jp

Jika Sanriku Railroad memiliki nuansa rumah khas Jepang yang sangat kental, maka berbeda dengan Tohoku Emotion yang terkenal dengan Tohoku Restaurant Railroad-nya. Sesuai dengan namanya, kereta ini mengambil tema utama restoran ala Jepang yang siap mengantarkan Anda dari Hachinohe di Aomori menuju Kuji di Iwate.

Alih-alih menggunakan makanan siap saji yang tinggal dipanaskan, Tohoku Restaurant Railroad memiliki ruang khusus dimana para juru masak dapat meracik langsung makanan yang dipersan oleh para penumpang.

Sagano Sightseeing Railroad

Sumber: tsunagujapan.com

Jika Anda belum pernah merasakan sensasi berkereta di alam terbuka, nampaknya menjajal perjalanan menggunakan Trolly Train akan membuat pengalaman pertama Anda sangat berkesan. Bagaimana tidak, kereta yang menghubungkan Sagano Station dan Kameoka Station dalam waktu 25 menit ini turut menyertakan gerbong khusus di akhir rangkaiannya. Gerbong khusus ini didesain tanpa menggunakan kaca, dan penumpang dapat merasakan kesejukan alam selama perjalanan. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: Jelang Pensiun, JR West Pamerkan Kereta Peluru Tematik, Shinkansen 500 EVA “Evangelion”

JR Kyushu

Sumber: tsunagujapan.com

Kereta yang menghubungkan Kumamoto dan Hitoyoshi di Kyushu ini akan menggiring Anda menuju era 70-an, dimana nuansa klasik sangat mendominasi seisi kereta. Dengan turut pula menyematkan prasmanan hingga ruang khusus untuk membaca, satu titik yang menjadi daya tarik para penumpang adalah bagian lokomotifnya yang sangat klasik nan elegan.