Tinggalkan Makanan Beku, Kereta di India Tawarkan Menu Siap Saji dari Resto Ternama

Pengantar makanan cepat saji di dalam kereta (www.hindustantimes.com)

Pernah beli makanan di dalam kereta? Makan yang ada di kereta biasanya makanan beku yang dipanaskan saat akan dijual kepada penumpang. Makanan ini sehat, tetapi mungkin banyak dari Anda yang tidak begitu menyukai makanan yang dipanaskan. Padahal untuk menjamin standarisasi rasa, gizi dan kebersihan, makanan yang dipanaskan tadi hadir dalam paket box hasil kerjasama perusahaan kereta dengan pihak lain.

Baca juga: Meski Antre Panjang di Gerbong Restorasi, Sahur di Kereta Itu Unik!

Seperti PT Reska, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang melayani penjualan makanan dan bekerjasama dengan Solaria sebagai salah satu restoran penyedia makanan berat. Kerjasama ini membuat makanan beku yang di jual dalam kereta api oleh Reska semakin beragam. Harga yang ditawarkan satu kotak makan beku yang dihangatkan sekitar Rp20 ribu sampai Rp30 ribu.

Untuk perjalanan kereta api, makanan ini bisa membuat kenyang, karena porsi yang ditawarkan juga cukup besar dan menunya juga bervariasai seperti sate ayam, nasi gudeg, bakso, nasi kuning, nasi goreng dan sebagainya. Makanan cepat saji yang di sediakan Reska juga bisa dipesan secara online beberapa hari sebelum keberangkatan. Sehingga nanti saat pramugari mengirim makanan sudah tahu makanan yang Anda pesan.

Baca juga: Gerbong Restorasi, Sajian Khas Restoran Yang Bergoyang

Ternyata, penjualanan makanan di kereta dengan model dipanaskan pada microwave sudah jamak di berbagai belahan dunia, salah satunya adalah India. Dilansir KabarPenumpang.com dari hindustantimes.com (15/6/2017), penumpang kereta (KA) Rajdhani dan Shatabdi bisa mengucapkan selamat tinggal pada makanan kereta api yang membosankan. Pasalnya, kedua kereta ini per tanggal 15 Juni kemarin tidak lagi menjual makanan beku yang dipanaskan, melainkan penumpang sudah bisa memesan makanan cepat saji seperti Domino Pizza dan burger McDonald’s.

Pemesanan makan cepat saji di kereta Rajdhani dan Shatabdi ini bisa dilakukan secara online melalui telepon atau SMS. Pemberlakuan seperti ini dikarenakan adanya kerjasama antara perkeretaapian India dengan restoran cepat saji seperti Domino’s, KFC, McDonald’s, Sagar Ratna dan lainnya. Meskipun dimulai tanggal 15 kemarin, penumpang kereta dari Ludhiana menuju Delhi dengan menggunakan kereta Shatabdi baru bisa merasakan pesanan makanan dari Domino dan Gyan Vegetarian di Ludhiana serta Babbi Fish and Chicken.

Baca juga: Jadwal Perjalanan Terencana, Pesan Makanan Pun via Online

Sebab, KFC dan McDonald’s belum memulai pengiriman makanan mereka ke stasiun yang berada di bawah naungan divisi Ferozepur Northern Railways. Manajer Komersial Divisi Rajneesh Srivastava mengatakan, adanya hal ini untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan bagi penumpang. Dia mengatakan, ketentuan untuk memesan makanan adalah dua jam sebelum kereta berangkat.

“Saat pemesanan online, penumpang harus mengunjungi www.ecatering.irctc.co.in. Mereka kemudian bisa memilih stasiun di mana mereka menginginkan makanannya terkirim. Setelah memilih stasiun, penumpang akan mendapatkan pilihan makanan yang tersedia untuk stasiun tersebut. Mereka bisa melihat menu makanan yang tersedia dan memesan makanannya, “katanya.

Baca juga: Berkereta Lebih dari 8 Jam, Siapkan Jurus Ini Agar Anda Survive!

Srivastava mengatakan, penumpang yang memesan makanan bisa membayarnya secara online ataupun saat pesanan diantar. Para kurir pengantar makanannya pun bertanggung jawab untuk mengantar makanan ke penumpang saat kereta berhenti di stasiun tertentu.

Pada bulan Juni tahun lalu, kereta api melakukan uji coba 45 hari di Patna Rajdhani, Delhi – Mumbai Agustus Kranti Rajdhani, Pune – Secunderabad Shatabdi dan Howrah – Puri Shatabdi. Vendor lain yang pernah dipekerjakan oleh rel kereta api termasuk Switz Foods, Only Alibaba, Haldiram, Bikanerwala, Nirula’s dan Pizza Hut.