Azuma Virgin, Kereta Cepat Ramah Lingkungan di Inggris, Mengular di 2018

Richard Branson, pemilik Virgin Ltd di depan kereta Azuma Virgin.

Kombinasi nama untuk kereta di Inggris ini memang terasa unik, Azuma Virgin. Azuma menyiratkan nama asal Jepang, karena Azuma sendiri memang diambil dari Bahasa Jepang yang berarti “Timur”. Penamaan Azuma Virgin tentu bukan tanpa alasan, pasalnya kereta ini merupakan buah kerjasama antara Virgin Railway dengan Hitachi. Azuma memiliki arti mendalam bagi perkeretaapian di Inggris, yakni selayaknya matahari yang terbit dari timur. Selain itu nama Azuma sendiri juga dipilih karena kereta ini akan beroperasi di lintas pesisir timur Britania.

Baca juga: Richard Branson – Sosok Pengidap Disleksia di Balik Nama Besar Virgin Ltd

Kereta api Azuma Virgin 800 baru akan beroperasi di jalur utama Pantai Timur Inggris tahun 2018 mendatang. Kereta ini merupakan bagian dari jaringan Intercity Express dengan nilai produksi 5,7 miliar Poundsterling atau sekitar US$7,71 miliar.

KabarPenumpang.com merangkum dari railway-technology.com, kereta ini diresmikan pada Maret 2016 dan uji coba pertama Azuma ini pada 16 Agustus 2017 kemarin di Skotlandia sebagai bagian dari program peningkatan konektivitas kereta api antara Edinburgh dan London. Nantinya armada Azuma Virgin ini akan terdiri dari 65 kereta dan diharapkan bisa mengurangi perjalanan anatara Edinburgh dan London selama 22 menit, sehingga jaraknya hanya empat jam perjalanan.

Dari 65 kereta ini akan dikombinasi dengan kereta diesel dan listrik dual mode. Dengan menawarkan 12.200 kursi tambahan dan menyediakan rute langsung ke destinasi baru seperti London – Middlesbrough dan juga meningkatkan layanan dari London ke Bradford, Harrogate dan Lincoln. Kereta ini nantinya akan menjadi armada lintas batas pertama yang melewati stasiun-stasiun di utara dan timur Inggris. Kerangka kereta ini dibuat di Kasado Jepang dengan rumah produksi Hitachi dan fasilitas manufaktur kendaraan rel berlokasi di Newton Aycliffe County Durham.

Azuma Virgin ini akan menjadi yang pertama beroperasi di bawah IEP (Intercity Express Programme) pemerintah Inggris dimana menjadi salah satu kereta penumpang paling maju di jaringan kereta api Inggris. Kereta baru ini akan menawarkan kecepatan dan lebih banyak keamanan dan ruangan.

Baca juga: Inilah 10 Kereta Tercepat di Dunia

Awalnya, Azuma Virgin akan beroperasi dengan kecepatan 201 km per jam dan bisa meningkat hingga 225 km per jam. Kecepatan 205 km per jam dapat ditempuh dalam waktu 4,5 menit. Diharapkan, kereta Azuma menghasilkan emisi lebih sedikit dan menjadi salah satu kereta paling ramah lingkungan di Inggris.

Nantinya setelah diluncurkan Azuma Virgin akan menawarkan fasilitas WiFi lebih cepat dan gratis, soket listrik di setiap tempat duduknya, kompartemen lebih besar di atas tempat duduk. Untuk interior Azuma, pihak Hitachi bekerja sama dengan DCA Design yang berbasis di Warwick.

Kursi yang ergonomis di rancang pada kelas pertama dan standar, karpet hingga ruang kaki juga lebih besar dari biasanya. Untuk tempat duduknya juga diberi lampu, jika lampu tempat duduk berwarna merah maka dicadangkan dan saat berwarna kuning tempat duduk tersebut saat ini tersedia, namun telah di pesan untuk stasiun berikutnya dalam perjalanan. Sedangkan jika lampu di tempat duduk berwarna hijau tandanya tempat duduk ini tersedia hingga tujuan akhir.