Antara Viaduct, MRT dan Pergeseran Makna

Sumber: detik

Proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang tengah dikerjakan di sejumlah titik di Jakarta Selatan kerap kali menimbulkan kemacetan. Walaupun sebagian jalur MRT tersebut merupakan jalur bawah tanah, namun untuk jalur Lebak Bulus – Senayan yang tengah digarap tersebut lebih banyak menggunakan viaduct, dimana nantinya moda MRT akan beroperasi di atas jembatan. Hingga kini, PT. MRT Jakarta (PT MRTJ) masih berusaha untuk menuntaskan pembangunan jalur MRT yang diketahui sudah hampir rampung tersebut.

Baca Juga: Barelang, Jembatan Dengan Seribu Nama dan Cerita

Adapun William Sabandara selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta mengutarakan ambisinya yang percaya proyek ini akan selesai dalam waktu dekat. “Kami masih optimis hingga akhir tahun ini perkembangan dapat mencapai angka 93 persen,” ujarnya seperti yang diliput KabarPenumpang.com, Senin (14/8/2017). Sedangkan Agung Wicaksono selaku Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakartra, menyampaikan kesiapan operasi MRT secara keseluruhan per tanggal 4 Agustus kemarin. “Kini kita sudah berada di posisi 25,58 persen. Termasuk kesiapan institusi, mitra dan sumber daya manusia,” jelas Agung.

Memang, secara fisik jembatan-jembatan yang nantinya akan digunakan sebagai lintasan MRT sudah mulai menghiasi beberapa titik di Ibu Kota, khususnya daerah Jakarta Selatan. Viaduct yang digunakan oleh MRT ini merupakan salah satu solusi yang ditempuh mengingat ketidaktersediannya lahan di darat. Proyek moda transportasi masa depan Jakarta ini, khususnya di pengerjaan fisik, tengah fokus terhadap box girder dan parapet. Setelah itu semua selesai, maka pekerjaan akan dilanjutkan pada pemasangan rel, pengerjaan track sleeper, dan pemasangan OCS.

Baca Juga: Cikubang, Jembatan Kereta Terpanjang di Indonesia

Berbicara soal viaduct, beberapa dari Anda mungkin masih menerka-nerka apa sih viaduct itu. Viaduct sendiri merupakan sebuah jembatan atau jalan di atas jalan raya, jalan kereta api, di atas lembah atau sungai yang lebar. Secara etimologis viaduct berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti melalui jalan atau menuju sesuatu arah. Dengan kata lain, viaduct sendiri merupakan sebutan lain untuk sebuah jembatan.

Sumber: istimewa

Melirik ke kota dengan julukan Paris van Java, Bandung, kota ini juga memiliki sebuah viaduct yang dimana istilah tersebut sudah menjadi identifikasi kawasan. Viaduct di Bandung sendiri terkenal karena dijadikan salah satu latar pengambilan gambar dari beberapa sinetron Tanah Air. Adapun moda yang melintasi di atas viaduct Bandung adalah kereta api yang mengarah ke stasiun Kiaracondong yang terletak di Bandung Timur. Letaknya tidak terlalu jauh dari Stasiun Bandung, dan disinyalir sudah berdiri tegak sejak era kolonial Belanda.

Baca Juga: Cisomang, Serba-Serbi Jembatan Kereta Tertinggi di Indonesia

Lain halnya dengan di Surabaya, dimana viaduk diasosiasikan dengan jalan kereta api melintasi samping Tugu Pahlawan atau jalan kereta api yang melintasi Jalan Kertajaya. Dengan kata lain, sudah terjadi pergeseran makna dari istilah viaduct sendiri.