Alipay, Platform Pembayaran Bagi Pelancong Cina Pertama di Jepang

Okinawa Monorail (japantimes.co.jp)

Jepang, negara maju yang menjadi salah satu tujuan wisata pelancong dunia, baik dari Eropa hingga kawasan Asia sendiri. Salah satunya adalah pelancong asal Cina, yang menyumbang 25,6 persen pengunjung asing pada 2017 lalu ke Jepang.

Baca juga: Tap Ponsel Pintar, Satu Detik Masuk Stasiun Tanpa Antri Tiket

Dengan jumlah pelancong Cina yang datang ke Jepang cukup banyak, maka sistem monorail Okinawa dibuat mudah oleh Urban Monorail Inc. Dimana perusahaan ini melakukan uji coba pembayaran ongkos kereta dengan platform berbasis kode Quick Respons (QR) yang dibuat oleh Alipay yang merupakan anak perusahaan China’s Alibaba Group.

KabarPenumpang.com melansir dari laman japantimes.co.jp (21/6/2018), Hadirnya platform Alipay dengan kode QR nantinya bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelancong asal Cina. Percobaan dilakukan pada Jumat (20/6/2018) di Yui Rail Okinawa yang dimana penumpang saat melalui gerbang hanya menunjukkan kode QR tersebut pada layar ponsel mereka.

Sehingga para pelancong Cina akan dimudahkan tanpa harus lagi membeli tiket kertas. Hadirnya Alipay sendiri merupakan kerjasama Alibaba affiliate Ant Financial Japan dan empat perusahaan lainnya untuk membuat Okinawa Urban ini menjadi sistem gerbang kereta api Jepang pertama yang menggunakan sistem pembayaran elektronik dari luar negeri.

“Monorail yang menghubungkan Bandara Naha di Okinawa dengan pusat kota saat ini sudah memiliki sistem gerbang yang bisa membaca kode QR. Ini yang membuat uji coba lebih mudah dilakukan,” ujar juru bicara Orix Corp yang akan menjadi operator Alipay di Jepang.

Seorang pejabat Ant Financial Jepang mengatakan, percobaan ini sendiri hanya akan menargetkan pada pelancong Cina. Diketahui, hingga kini lebih dari 50 ribu toko di Jepang sudah menggunakan Alipay yang menerima pembayaran mobile dengan keterkaitan rekening Bank di Cina.

Baca juga: Tingkatkan Keselamatan, Jepang Luncurkan Pemindai QR Code di Peron Kereta Bawah Tanah

“Akun Alipay pelancong Cina yang menggunakan kereta api Okinawa hanya ada satu persen,” ujar Penanggung Jawab Proyek Urban Monororail di Okinawa, Masaki Oshiro.

Oshiro menambahkan, ada baiknya untuk kedepan, Jepang  memiliki berbagai metode pembayaran seperti Alipay. Sebab ini bisa memudahkan pelancong dan tidak harus memaksa mereka untuk menukar mata uang tunai dan membeli tiket.