Agra Mas Hadirkan Double Decker Untuk Armada Bus AKAP

Bus super double decker PO Agra Mas

Agra Mas, salah satu perusahaan otobus (PO) yang mengoperasikan armadanya lebih banyak untuk transportasi wilayah Jabodetabek. Namun kini juga hadir untuk bersaing dengan PO lainnya dengan menghadirkan bus antar kota antar provinsi atau biasa disebut AKAP.

Baca juga: Luxury Class Sleeper Bus PO Harapan Jaya, Fasilitas “Mewah” dengan Harga Terjangkau

KabarPenumpang.com mengabarkan bahwa, saat ini PO Agra Mas menghadirkan beberapa bus yakni super double decker, super high decker dan high decker. Ketiga jenis bus ini mengantarkan penumpang dari berbagai daerah di pulau Jawa baik Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta bahkan Jawa Timur.

Salah satu yang akan dibahas adalah bus Super Double Decker yang dimiliki oleh Agra Mas. Bus ini menggunakan Scania K410IB yang dalamnya terbagi menjadi dua kelas yakni super eksekutif dan eksekutif.

Kelas eksekutif di super double decker ini berada di tingkat atas dan mampu menampung 36 penumpang. Sedangkan bagian bawah untuk kelas super eksekutif yang menampung 6-8 penumpang atau jika ditotal semua sekitar 42 penumpang bisa diangkut oleh bus tingkat ini.

Bagian kabin bus double decker Agra Mas kelas Super Eksekutif (Kompas)

Saat ini untuk bus super double decker yang dimiliki Agra Mas sendiri sudah menghadirkan dua trayek berbeda yakni Bogor menuju Wonogiri PP serta Parung ke Jepara PP yang keduanya melalui Jakarta. Menjadi bus AKAP, membuat bus tingkat tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium dengan dua kelas yang dimilikinya dalam satu bus tersebut.

Siswanto bagian operasional bus Agra Mas mengatakan baik kelas super eksekutif maupun eksekutif dalam bus tingkat dilengkapi fasilitas yang sama. Hanya saja yang berbeda jarak kursi saja untuk kenyamanan penumpang.

“Fasilitas itu sama, layar LCD 10 inci, kursi penumpang, dispenser untuk kopi, teh atau air minum biasa atau minibar,” ujar Siswanto yang dihubungi KabarPenumpang.com (29/1/2018).

Tak hanya itu, kursi penumpag ini reclining seat atau tempat duduk yang bisa diatur dan ukuran tempat kaki lebih lapang, toilet, smoking room serta kabin ber-AC. Untuk toilet penumpang berada di lantai bawah atau dekat dengan kelas super eksekutif sedangkan smoking room berada di bagian belakang lantai atas bus tingkat.

Bus yang menggunakan sasis Scania K410IB Opticruise ini dirakit oleh Karoseri Adi Putro, Malang. Diketahui, bus tingkat ini menjadi bus keempat yang dimiliki Agra Mas dengan pembagian bangku atas 2-2 dan bagian bawah 2-1.

Baca juga: Jauh Sebelum Motobus, Ternyata Sudah Ada Jasa Kirim Motor via Bus AKAP!

Untuk tarifnya sendiri di bagian bawah atau kelas super eksekutif sekitar Rp300 ribuan dan kelas eksekutif di atas sekitar Rp200 ribuan. Terbilang cukup murah untuk perjalanan sekitar 10 jam dari Jakarta-Jepara. “Di perjalanan ada pemberhentian istirahat dan satu kali makan prasmanan, itu sudah termasuk tiket bus,” ujar Kepala Bagian Operasional Bus Malam Agra Mas Utut Saptio Wibowo.