Wow! Tujuh Bandara Ini Punya Fasilitas Tur Gratis

Seni tradisional Korea di bandara Incheon

Setiap bandara internasional umumnya memiliki fasilitas unik dan terkadang membuat pelancong atau calon penumpang yang singgah merasa nyaman, bahkan tak sedikit yang kemudian jad betah dan tak ingin segera beranjak. Tapi tahukah Anda ada beberapa bandara dimana bisa merasakan fasilitas selain bioskop, pertunjukkan musik dan taman hiburan di dalamnya tetapi juga merasakan tour wisata kota.

Baca juga: Lima Daerah Reklamasi Ini Jadi Magnet Wisatawan Mancanegara

Selain gratis, Anda tidak memerlukan visa karena dianggap sebagai penumpang transit, yang penting dokumen perjalanan selalu Anda bawa. KabarPenumpang.com merangkum dari thriftynomads.com, ada tujuh bandara yang memberikan layanan seperti ini.

1. Bandara Internasional Changi Singapura
Memiliki segudang fasilitas, membuat Changi terkenal di dunia sebagai tempat singgah paling nyaman dan modern. Disini, para pelancong bisa merasakan waktu singgah hingga lima jam dan merasakan keliling Singapura ke daerah Cina Town, Little India, Garden by The Bay, The Esplanade dan Marina Bay Waterfront.

Anda bisa mendaftar dan menikmati fasilitas ini di Terminal 2 dekat eskalator kedatangan Imigrasi, sedangkan di Terminal 3 dekat Transfer Lounge B di Mall Transit Utara level 2. Bagi Anda yang berada di Terminal 1 bisa menuju Terminal 2 untuk mendaftar.

Mengikuti tur ini, ada dua pilihan yakni City Light Tour atau Heritage Tour. Tur ini ada lima kali perjalanan dalam sehari yang dimulai pukul 09.00 hingga yang terakhir pukul 18.30. Bila Anda hanya ingin menikmati keindahan bandara Changi, ada lima taman termasuk taman kupu-kupu.

Menikmati film di bioskop bandara letaknya di Terminal 2 dan 3 yang siap melayani selama 24 jam. Atau membayar S$10 untuk menikmati slide tertinggi di dunia dan bagi Anda yang ingin beristirahat bisa menikmati tempat istiratah bebas biaya.

2. Bandara Internasional Incheon Seoul
Saat tiba di Incheon sebagai penumpang transit, pelancong bisa menikmati wisata gratis dengan waktu satu hingga lima jam tergantung tur. Di sini Anda bisa menikmati Kuil Samudera Hindia, Haedon Yonggungsa, Jembatan Grand Incheon, Pasa Shinpo, Desa Hanok Namsngol dan Istana Gyeongbokgung.

Untuk menikmati tur gratis ini, pelancong bisa mendaftar secara online atau di meja utama Transit Tour di bagian imigrasi B lantai 2. Ada tujuh tur yang bisa dipilih dengan rekomendasi waktu singgah Anda, tur ini dimulai pukul 08.00 pagi dan berakhir pukul 15.00.

Wisata ini hampir semua gratis hingga harus mengeluarkan biaya US$10. Dekat dengan bandara, Anda bisa menikmati kebun pinus, kaktus dan taman batu. Area taman terletak di Aula Millenium dan Balai Penyambutan, kecuali untuk taman Empat Tanaman Ramah yang terdapat di Timur dan Sayap Barat B1 dari terminal penumpang.

Museum kebudayaan Korea dengan menampilkan seni, koleksi peninggalan purbakala dan pertunjukkan musik tradisional. Untuk menikmati rasa Korea Selatan, ada di Area umum 1F Millenium Hall.

Temple Square Salt Lake City

3. Bandara Internasional Taoyuan Taipei, Taiwan
Cukup lama waktu singgah dibandara ini 7 hingga 24 jam. Anda sebagai pelancong bisa menikmati Balai peringatan Chiang Kai-Sek, Taipei 101, Sanxia dan Kuil Zushi.

Pesan pada saat kedatangan di Tourist Service Center di Lobby Kedatangan Terminal 1 dan 2. Sesuai dengan situs bandara, Anda dapat memesan tur setelah kedatangan di Tourist Service Center yang terletak di Lobby Kedatangan Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Taoyuan. Pemesanan dibuat berdasarkan pesanan pertama. Tur ini dibagi dua waktu yakni pagi pukul 08.15 dan sore 13.45.

4. Bandara Narita Tokyo, Jepang
Waktu singgah yang bisa dirasakan pelancong sekitar lima jam dan untuk menikmati tur paling lama tiga jam. Tak banyak yang bisa dinikmati yakni Kuil Narita-san Shinso-Ji, Museum Ilmu Aeronautika, wisata alam dan gerai belanja Shisui. Sayangnya untuk menikmatai lima wisata ini Anda harus membayar biaya transit publik. Namun untuk wisata hutan dan museum masih digratiskan. pendaftaran bisa dilakukan di Terminal 1 dan 2 dari pukul 09.00-12.00.

5. Bandara Internasional Ataturk Istanbul, Turki
Menikmati Istanbultours secara gratis, Anda harus terbang dengan Turkish Airlines. Anda bisa menikmati waktu singgah hingga 24 jam dan menikmati Masjid Biru Hippodrome Square, Gereja Aya Triada, Taksim Square, Grand Covered Bazaar, Kolom Serpentine, Istana Topkapı dan Obelisk of Thedosius.

Untuk mendaftarnya juga mudah, Anda hanya perlu kebalai kedatangan internasional dekat coffee shop setengah jam sebelum tur dimulai. Tur ini sendiri di bagi tiga yang dimulai pukul 09.00 dan 12.00. Untuk masalah visa, pelancong wajib melihat catatan yang tertera di website milik bandara Ataturk.

6. Bandara Internasional Doha, Qatar
Menikmati Museum Seni Islam, Souq Waqif, Mutiara-Qatar dan Desa Budaya Katara masuk dalam tur dari Doha. Tetapi saat hari selasa Anda tidak bisa menikmati tur secara utuh, sebab Museum Seni Islam tutup.

Baca juga: Saking Nyamannya, 9 Bandara Ini Buat Penunjungnya Lupa Pulang

7. Bandara Internasional Salt Lake City, Utah
Tur gratis yang disedikan bandara ini berangkat pukul 11.00-16.00 dan hanya bisa menikmati Temple Suare yang ada di kota Salt Lake. Sayangnya, waktu singgah hanya dua jam dan tidak lebih.