Terpaksa Gunakan Kantung Muntah? Baca Dulu Tips Ini

Ilustrasi peggunaan kantung muntah pesawat

Perjalanan baik menggunakan darat, laut maupun udara, tidak menutup kemungkinan sesorang akan merasakan mabuk. Apalagi saat itu perut kosong dan guncangan-guncangan sering terjadi di dalam moda-moda transportasi tersebut. Di berbagai moda transportasi, akan diberikan kantong muntah atau biasanya banyak juga penumpang yang membawa kantung muntahnya sendiri.

Biasanya kantung muntah yang ada di bus dan kereta adalah kantung kresek kecil berwarna hitam sedangkan untuk di pesawat bukan kantung kresek melainkan kantung kertas yang berlapis plastik atau lilin terkadang juga ada yang terbuat dari kardus. Tetapi saat ini lebih banyak kantung kertas yang dilapisi plastik atau seluruhnya terbuat dari plastik.

Baca juga: Untuk Penumpang Obesitas, Perpanjangan Sabuk Pengaman Belum Jadi Prioritas

Dari penelusuran KabarPenumpang.com, ternayata kantung mabuk untuk pesawat dengan berpinggir plastik ditemukan tahun 1949 oleh Gilmore Schjldahl untuk maskapai Northwest Orient Airlines. Tak hanya itu, saat menggunakan kantung muntah baiknya dengan bijak, berikut ini ada beberapa tips menggunakan kantung muntah.

1. Untuk penggunaan kantung muntah sendiri di kereta api maupun bus antar kota antar provinsi baiknya di cek dulu. Karena kantung kresek bisa saja bocor sehingga saat muntah bukan tertampung baik malah tumpah kemana-mana.

2. Bila Anda menaiki pesawat baiknya gunakan kantung muntah saat akan muntah. Jangan dibuat mainan sebab setiap bangku akan diberikan hanya satu.

Contoh kantung muntah milik maskapai

Baca juga: Ada Palu Pemecah Kaca di Kendaraan Umum, Tahukah Cara Menggunakannya?

3. Jangan pernah gunakan kantong muntah pesawat untuk menyimpan makanan, sebab kantong muntah pesawat sudah dilapisi plastik dan dari beberapa maskpai sudah ada kantung yang dilapisi dengan antiseptik seperti milik Garuda. Sedangkan untuk maskpai lainnya hanya berupa kertas yang dilapisi plastik saja.

4. Gunakan kresek hitam juga untuk muntah saja. Kandungan yang ada pada pembuatan kantong hitam kresek sangat berbahaya bagi tubuh. Bila Anda memiliki makanan lebih jangan pernah memasukkannya dalam kantong kresek tersebut. Anda boleh menggunakan kresek untuk membuang sampah.

5. Kantung muntah jangan untuk dibuat mainan. Pernah ingat film komedi mister Bean yang menggunakan kantung muntah untuk main letupan agar berbunyi? Ledakannya bila saat itu kantung berisi muntahan bisa tercecer dimana-mana.

Hampir semua kantung muntah baiknya digunakan untuk muntah saja jangan untuk yang lain. Memang tidak ada aturan jelas tentang peraturan kantung muntah, tetapi baiknya gunakan secara semestinya jangan untuk hal lainnya. Ini akan meminimalisirkan hal tidak diinginkan seperti keracunan antiseptik yang sudah ada pada lapisan kantung muntah.