Tas Terkena Minyak dan Barang Hilang, AirAsia Hanya Ganti Rungi Rp103 Ribu

Ilustrasi barang hilang di tas dalam bagasi (Shutterstock)

Bagasi rusak, kehilangan barang atau tas tidak ditemukan? Ini kerap terjadi saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang baik menuju satu daerah maupun ke negara lain untuk berbisnis atau berlibur. Biasanya bila hal ini terjadi, perjalanan akan terganggu dan membuat sebagian besar rencana tertunda bahkan tak bisa menikmati liburan meski sudah melaporkannya ke bagasi klaim di bandara.

Baca juga: Bandara King Abdulaziz Miliki Penanganan Bagasi Canggih Sepanjang 34,6 Kilometer

KabarPenumpang.com melansir dari laman punemirror.indiatimes.com (6/6/2018), baru-baru ini penumpang AirAsia menemukan tasnya tersiram minyak dan beberapa barang hilang. Namun, setelah melapor kepihak maskpai di bandara, seakan laporan tersebut tak digubris bahkan menganggapnya seperti masalah sepele.

Kejadian tersebut dirasakan Harsh Chowdhary bersama temannya Ankota Kothari yang tiba di Bandara Pune dari Delhi pada malam tanggal 4 Juni 2018 kemarin.

“Setelah kami menerima bagasi, kondisinya sangat menyedihkan. Kami menghubungi staf lapangan AirAsia dan harus menunggu selama satu jam,” ujar Chowdhary.

Bahkan setelah lama menunggu saat berbicara dengan Fernandez dan Priya, Chowdhary mengaku mereka tidak memberikan jalan keluar dan justru menertawakan. Chowdhary bahkan menjelaskan bahwa ritsleting tas temannya terbuka dan ada barang-barang seperti pengering rambun dan lainnya hilang.

Sayangnya, setelah berdebat dengan pejabat dan staf lapangan AirAsia, mereka menawarkan penggantian Rs500 atau setara dengan Rp103 ribu atas kerusakan yang terjadi. Atas kejadian ini, pihak AirAsia sendiri belum memberikan tanggapan apapun.

Diketahui, kasus seperti ini telah meningkat beberapa waktu terakhir yang terbang dari dan ke Bandara Pune dan beberapa staf maskapai enggan menangani keluhan tersebut. Dalam 20 hari terakhir, sekitar lima kasus seperti itu telah dilaporkan di mana penumpang mengalami kerugian karena kecerobohan oleh beberapa maskapai penerbangan yang bereputasi.

Baca juga: Koper Anda Hilang atau Tertukar? Baggage Claim Jadi Solusinya

Ternyata, kejadian seperti ini tidak hanya terjadi pada maskapai AirAsia. Sebab satu minggu yang lalu, bagasi penumpang IndiGo salah diletakkan oleh petugas.

Tetapi pejabat yang berwenang tidak menerima komplain dengan segera dan bersikeras tas tidak bisa ditemukan. Namun, tas yang hilang tersebut ditemukan oleh anggota Central Industrial Security Force (CISF) di kantor belakang IndiGo setelah dua minggu kemudian.