Tanpa Alasan yang Jelas, Penumpang Kapal Pesiar Ini Terjun ke Laut Lepas!

Norwegian Epic Cruise. Sumber: cruiseveryday.com

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Mungkin peribahasa ini tepat untuk menggambarkan seorang penumpang kapal pesiar Norwegian Epic yang terjatuh pada Selasa (6/3/2018) malam. Kesiapan dan kegesitan regu penyelamat dalam menindaklanjuti kecelakaan ini patut di apresiasi, pasalnya insiden yang terjadi di dekat Bahama ini tidak menelan korban jiwa.

Baca Juga: MSC Meraviglia, Kapal Pesiar Terbesar dari Mediterranean Shipping Cruises

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman usatoday.com (8/3/2018), insiden yang sempat diabadikan oleh seorang penumpang ini terjadi sekitar pukul 21.00 waktu setempat, tepat setelah jam makan malam usai. Ketika dimintai keterangan sebagai saksi mata, seorang penumpang yang bernama Kareen Kennedy tengah berada di ruang makan dek kelima. Ia mendengar pengumuman melalui interkom yang menyebutkan “Code Oscar portside” sebanyak tiga kali.

“Ketika hendak memesan makanan penutup, saya bertanya kepada pelayan yang tetiba melihat ke luar jendela, ‘Apa yang terjadi?’ lalu ia menjawab, ‘Seseorang melompat dari kapal,’” kenang Kareen. Mendengar jawaban pelayan tersebut, Kareen langsung bergegas menuju balkon kabin dek ke-14 untuk menyaksikan kejadian tersebut. Dari situ, ia melihat dua buah kapal penyelamat diturunkan dari kapal induk dan mulai berpatroli menggunakan lampu sorot.

Tak lama setelah ia melihat pemandangan tersebut, Kapten kapal kembali mengumumkan bahwa regu penyelamat telah berhasil menemukan seorang penumpang wanita yang tidak diketahui identitasnya, dimana wanita ini yang disinyalir melompat keluar dari jendela kapal. Sontak, seluruh penumpang yang berada di atas Norwegian Epic pun dapat bernafas lega.

“Regu penyelamat berhasil menemukan seorang wanita mengambang di atas air, dan segera menjemputnya. Guna menghindari kondisi yang tidak diinginkan, kini wanita tersebut telah mendapatkan penanganan medis,” ungkap Kapten pelayaran, sebagaimana yang dicatat oleh Kareen. “Perlu Anda ketahui, kami harus terlebih dahulu mengembalikan kapal penyelamat sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan menuju Port Canaveral,” lanjut sang kapten.

Baca Juga: Kenapa Kapal Pesiar Bisa Tahan Terjangan Badai? Ternyata Jawabannya Sangat Sederhana!

Setibanya di Port Canaveral pada Rabu pagi, wanita yang terjun ke laut lepas tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit setempat guna mendapatkan pengangan lebih lanjut. “Pikiran yang terlintas pertama kali di pikiran saya adalah ‘Apa yang akan dilakukan oleh regu penyelamat?’ karena pada saat itu, kapal kami tengah melaju dalam kecepatan yang tinggi, sehingga saya salut dengan apa sudah dilakukan oleh regu penyelamat,” ujar Kepala Pemadam Kebakaran, Mark Schollmeyer.

“Kami bersyukur tim kami bereaksi cepat dan mampu menyelamatkan wanita tersebut,” demikian pernyataan Norwegian Cruise Line. “Semoga korban bisa cepat lekas pulih,” imbuhnya.