Tanggapi Waktu Penumpang Yang ‘Terbuang,’ Deutsche Bahn Hadirkan Gym di Idea Train

Sumber: dw.com

Dimana Anda selama ini melakukan olahraga? Mungkin jawabannya akan beragam; mulai dari lapangan, hingga pusat kebugaran. Namun apa jadinya jika Anda bisa berolahraga di dalam kereta yang sedang bergerak? Tentu hal tersebut akan menjadi sebuah inovasi tersendiri dalam berkendara – Anda tidak hanya bisa tiba di tujuan dengan selamat, namun juga bisa menjadi lebih bugar dengan memaksimalkan layanan pusat kebugaran yang tersedia.

Baca Juga: BEAM: Solusi Penat Saat Perjalanan Kereta Jarak Jauh

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman thelocal.de (10/11/2017), sebuah perusahaan kereta api milik Jerman, Deutsche Bahn meluncurkan “Idea Train” yang dicanangkan dapat merubah pengalaman perjalanan para penumpangnya. “Bagi jutaan orang yang menggunakan moda transportasi umum berbasis massal, mereka akan kehilangan banyak waktu produktifnya selama perjalanan, namun tidak untuk Idea Train ini,” tulis surat kabar setempat, Süddeutsche Zeitung.

Sumber: thelocal.de

Kereta ini nantinya akan dilengkapi dengan beragam alat penunjang kebugaran para penumpang, seperti exercise bikes, studio kebugaran, hingga TV yang menampilkan pelatihan secara digital. Nantinya ruang olahraga tersebut juga akan dilengkapi dengan sistem peredam suara, privacy pods, ruang untuk anak-anak, hingga televisi. Konsep kereta unik ini pertama kali muncul pada dua tahun yang lalu, dimana pada masa itu para pejabat dari Deutsche Bahn meyakini konsep tersebut akan memenuhi kriteria kendaraan masa depan.

Idea Train juga memungkinkan penumpang untuk memutar kursinya apabila mereka tidak menyukai berjalan mundur saat di kereta. Hingga saat ini, keberadaan ruang olahraga tersebut hanya bisa diakses manakala kereta sedang berjalan.

Sumber: telegraph.co.uk

Namun seiring berjalannya waktu, perancang di Deutsche Bahn yakin bahwa industri kereta api mesti menawarkan lebih banyak fasilitas kepada para penumpangnya, yang tentu saja disesuaikan dengan pilihan para penumpangnya. Ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpangnya.

Baca Juga: Virgin Trains Masih Gunakan Gelas kertas Daur Ulang

Jika ditelusuri lebih jauh, sudah banyak operator kereta di berbagai pelosok dunai yang menyediakan layanan lebih kepada para penumpangnya. Sebut saja di Inggris, ada Virgin Trains yang meluncurkan armada terbarunya, Azuma. Azuma sendiri menyediakan layanan free Wi-Fi selama perjalanan hingga pencahayaan yang dapat menyesuaikan suasana hati para penumpangnya.

Rencananya, Idea Train ini akan mulai diuji coba pada tahun 2018 mendatang di beberapa kota besar di Jerman, salah satunya adalah Hamburg.