Stasiun Kereta ‘Rasa Bandara Internasional’ Siap Hadir di India

Sumber: businesstoday.in

Kacamata warganet kadung memandang perkeretaapian di India sebagai sesuatu yang jauh dari kata nyaman. Kendati tidak semua rolling stock memiliki fasilitas yang buruk, namun itu semua seolah tidak berarti manakala citra buruklah yang hingga kini menggelayuti benak publik ketika mendengar kereta di India.

Baca Juga: Stasiun Kachiguda di India, 100 Persen Lakukan Efisiensi Energi

Maka dari itu, untuk merubah stigma buruk tentang perkeretaapian India, otoritas terkait tengah terlibat dalam program pemerintah untuk membenahi sarana dan prasarana di sana. Dari semua rencana pembangunan kembali berskala besar ini, satu yang menarik perhatian adalah renovasi dua stasiun, yaitu Habibganj di Madhya Pradesh dan Gandhinagar di Gujarat.

Seperti yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman businesstoday.in (24/4/2018), kedua stasiun ini nantinya akan memiliki fasilitas bak sebuah bandara internasional. Mulai dari toko-toko komersial ultra-modern, arena permainan, hingga sebuah hotel bintang lima dimana maksud dari kehadiran semua fasilitas tersebut adalah untuk menambah kenyamanan para penggunanya. Diperkirakan, pembangunan kedua stasiun ini rampung rentang Desember 2018 hingga Januari 2019.

Stasiun Habibganj. Sumber: businesstoday.in

Sebagai tulang punggung sistem transportasi di negara penghasil film Bollywood ini, kereta api India memiliki jaringan terbesar di dunia. Namun tidak dengan fasilitas pendukungnya yang bisa dibilang jauh tertinggal dibandingkan dengan stasiun lain di belahan bumi lainnya.

Stasiun Gandhinagar. Sumber: business.in

“Seluruh tanggung jawab pemeliharaan dan perolehan pendapatan dari stasiun-stasiun ini terletak pada Indian Railway Station Development Corporation (IRSDC),” ungkap Managing Director dan CEO dari IRSDC, SK Lohia. “Kami pun harus memastikan bahwa stasiun-stasiun ini memiliki keuntungan dan dapat diinvestasikan kembali dalam bentuk pemeliharaan dan pengembangan stasiun,” tandasnya.

Untuk Stasiun Habibganj, ruang tunggu yang terdiri dari sekitar 600 bangku, toilet yang rapi dan bersih, hingga pusat komersial akan menjadi gambaran masa depan dari stasiun yang terletak di Madhya Pradesh ini.

Baca Juga: Tahun 2025, India Jamin 25 Persen Sumber Tenaga Kereta Berasal dari Energi Terbarukan

Dari total 450 crore yang dialokasikan untuk pembangunan kembali stasiun kereta Habibganj, Rs 100 akan digunakan untuk memperbaiki infrastruktur, sementara sisanya akan digunakan untuk membangun struktur kaca dan fasilitas untuk foodcourt, hiburan, dan ruang tunggu.

Sedangkan untuk hotel bintang lima dengan 300 kamar nantinya akan menjadi bagian dari Stasiun Gandhinagar. Adapun alokasi dana yang ditujukan untuk stasiun yang mulai direnovasi pada bulan Januari 2017 silam ini sebesar Rs 250 crore. Menurut rencana, Stasiun Gandhinagar sendiri nantiinya akan berada di bawah tanah. Keren!