Sama-Sama Kereta Bandara, Inilah Yang Beda Antara di Soekarno-Hatta dan Kualanamu

(Railway.web.id)

Pada 2 Januari 2018, Presiden Joko Widodo telah meresmikan kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Peresmian ini, menjadikan Indonesia memiliki dua bandara yang memiliki kereta sebagai moda transportasi pendukung dan alternatif lain, setelah sebelumnya PT Railink, joint venture antara PT Angkasa Pura II dan PT KAI meluncurkan kereta bandara Kualanamu pada 23 Juli 2013.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Kereta Bandara Kualanamu

Kereta yang ada di Bandara Kualanamu dan Soekarno-Hatta (Soetta) memiliki perbedaan baik dari rangkaian keretanya hingga urusan tarif. KabarPenumpang.com mengabarkan ada beberapa perbedaan dari dua kereta tersebut.

1. Jenis kereta
Untuk kereta yang digunakan bandara Kualanamu adalah Kereta Rel Diesel (KRD). Kereta ini adalah pabrikan Korea Selatan, Woojin. Sedangkan kereta bandara Soetta menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL). Ignatius Jonan saat masih menjabat sebagai Direktur Utama PT KAI pernah mengatakan jika KRL bandara dinilai lebih hemat 60 persen daripada KRD. Kereta bandara Soetta sendiri adalah buatan PT INKA, dengan mengadopsi mesin dari Swedia dan interior dari Cina.

2. Jarak dan waktu tempuh
Kereta bandara Kualanamu menuju medan memiliki jarak 28 km dan ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Dalam sehari, kereta bandara Kualanamu mampu mengangkut 3000-4000 penumpang atau 1-1,3 juta penumpang per tahunnya. Rute kereta ini yakni bandara Kualanamu menuju Medan dan sebaliknya.

Sedangkan kereta bandara Soetta jaraknya menuju stasiun Manggarai 36,7 km yang ditempuh dalam waktu sekitar 55 menit sampai satu jam. Untuk rutenya yakni Stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Duri – Batu Ceper – Bandara Soekarno Hatta. Namun saat ini hanya sampai Sudirman Baru karena Manggarai masih dalam proses penyelesaian.

3. Kapasitas penumpang
Kereta bandara Soetta memiliki kapasitas penumpang lebih banyak karena memiliki enam gerbong dalam satu rangkaian kereta dan mampu mengangkut 272 penumpang. Sedangkan kereta bandara Kualanamu memiliki empat set kereta dengan jumlah total kapasitas 172 penumpang.

Baca juga: Beroperasi Q1 2018, Kereta Bandara Minangkabau Adopsi Kereta Rel Diesel Listrik

4. Tarif
Tarif kereta bandara Kualanamu Medan mulai 2015 hingga saat ini Rp100 ribu dan sebelumnya Rp80 ribu. Sedangkan kereta bandara Soetta saat uji coba Rp30 ribu dan sekarang ini Rp70ribu. Tetapi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi masih mencari solusi untuk menetapkan tarif kereta bandara Soetta.