Saatnya Menikmati Musim Peragaan Busana di Bandara

Beragam upaya dilakukan pengelola bandara untuk membuat calon penumpang merasakan kenyamanan. Selain upaya peningkatan fasilitas, sajian hiburan juga menjadi poin yang menjadi perhatian di kalangan pengelola bandara di Tanah Air, terlebih bila hiburan yang dimaksud bisa turut mempromosikan wisata dan budaya. Salah satu yang berkembang setahun belakangan adalah peragaan busana (fashion show) dari para model catwalk.

Baca juga: Toilet Tiga Dimensi Ada di Bandara Sepinggan Balikpapan

Kegiatan peragaan busana di bandara awalnya berlangsung di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada 20 Juli 2016. Bertajuk “Terminal 3 Fashion Show” sebuah peragaan busana di gelar berkat kerjasama antara Angkasa Pura II dengan Ikatan Perancang Busana Indonesia. Ini merupakan debut fashion show pertama di Indonesia yang bertempatkan di bandara Internasional. Eskalator pun “dirubah” menjadi panggung runway peragaan busana yang bertemakan fashionable traveling outfit.

Selanjutnya tak mau ketinggalan, PT Angkasa Pura I (Angkasa Pura Airports) di Bandara Adisumarmo, Solo pada 30 September 2016, juga menggelar peragaan busana dengan tema yang diusung adalah batik, lantaran disiapkan dalam rangka menyambut hari Batik Nasional. Kemudian bergeser ke ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Bandara Blimbingsari, yang berlokasi di Banyuwangi juga digelar pagelaran serupa. Berbeda dengan Soetta dan Adisumarmo, Bandara Blimbingsari bukan dikelola oleh pihak Angkasa Pura I, melainkan dikelola Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Di Bandara Blimbingsari tema yang diangkat adalah festival kebaya.

Baca juga: Pilah-Pilih Lounge Eksekutif di Bandara

Agak berbeda, penyelenggaraan fashion show di Bandara Blimbing berlangsung dua hari, Jumat-Sabtu (21-22 April 2017) dan melibatkan 100 desainer kebaya. Para desainer ini menampilkan keragaman gaya kebaya mulai dari kasual, klasik, glamor, hingga kontemporer. Puluhan produk desain kebaya karya desainer asli daerah pun dipamerkan secara apik pada pagelaran ini.

Dan tren peragaan busana di bandara diperkirakan terus menjamur, yang paling baru adalah Jawapos Fashion Surprise 2017 yang dilangsungkan di Bandara Juanda Surabaya pada 19 Mei 2017. Mengambil lokasi di Terminal 2 (T2) Bandar Udara Internasional, acara dibuka dengan para model catwalk dengan memperagakan busananya didepan para pengguna jasa Bandara Internasional Juanda. Jawa Pos Fashion Surprise 2017 adalah hasil kolaborasi atau kerjasama antara Jawa Pos dengan PT. Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, dimana dalam kegiatan ini melibatkan para Fashion Designer, Entrepreneur Butik & Fashion Accessories juga Hair Dresser dengan konsep Fashion Show di tempat umum seperti di Bandara.

Baca juga: Inilah Alasan PT Angkasa Pura I Berganti Jadi “Angkasa Pura Airports”

Acara ini mendapat respon positif dari para pengguna jasa Bandara Juanda salah satunya Bapak Agung Rahman mengatakan dengan adanya fashion show ini dia sangat tertarik karena unik karena biasanya catwalk di atas panggung tetapi kali ini catwalk di bandara dan di tambah lagi busana batik dikenakan para modelnya juga terlihat sangat modern. Jika melihat trend, ditambah peluang mengintegrasikan peluang bisnis dari beberapa pihak, nampaknya lenggak lenggok model cantik di bandara bakal lebih sering terlihat.