Rilis Model Anyar, Boom Technology Kebanjiran Pesanan

Sumber: techcrunch.com

Sebuah perusahaan startup yang bermarkas di Denver, Colorado, Boom Technology, memiliki desain baru untuk pesawat jet yang akan memasuki tahap uji coba pada tahun 2018 mendatang. Adalah XB-1 Supersonic Demonstrator, sebuah pesawat prototipe yang khusus diciptakan untuk menjawab semua keraguan berbagai kalangan mengenai pesawat penumpang supersonik komersial. Desain baru tersebut dirilis pada pagelaran Paris Air Show yang dihelat pada Selasa (20/7/2017).

Baca Juga: Atasi Dampak Kebisingan di Bandara, Bombardier Rilis Jet C Series

Tidak hanya menampilkan desain terbarunya, Boom Technology juga membuka tonggak bisnis baru mereka, yaitu dengan mendapatkan sebanyak 76 pesanan pesawat jenis itu dari lima pelanggannya. Tentu, dengan banyaknya pesanan yang masuk seolah menoreh sejarah baru di dunia aviasi, karena sebelumnya belum ada perusahaan startup yang kebanjiran order seperti Boom Technology. Dengan keluarnya desain baru ini, Boom Technology memiliki suatu visi, yaitu untuk mengurangi waktu penerbangan secara signifikan di rute bisnis antar benua yang popular. Selain itu, Boom Technolgoy juga berharap agar penumpang tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menaiki jet ini, sembari menawarkan sistem ekonomi berkelanjutan untuk operator maskapai pada saat yang bersamaan.

Sebagaimana KabarPenumpang.com himpun dari laman techcrunch.com (20/6/2017), desain anyar XB-1 mencakup penyempurnaan yang dipandang Boom akan memberikan stabilitas yang lebih baik secara keseluruhan untuk sistem propulsi dan meningkatkan keamanan secara keseluruhan. Beberapa bagian dari XB-1 juga sudah menjalani sebuah tes baru-baru ini, yang kemungkinan besar membantu berkontribusi pada perubahan desain ini.

Baca Juga: DC-9 Garuda Indonesia, Andalan Penerbangan Jet Domestik Era 80-an

Perubahan desain yang paling signifikan dapat dilihat pada tiga inlet yang baru dipasang di bagian ekor pesawat, namun ada juga sedikit perubahan pada bentuk sayap dan bodi utama. Untuk pemesanan pesawat ini, Boom Technology menegaskan bahwa pemesanan yang dilakukan oleh berbagai operator maskapai tersebut mewajibkan untuk memberikan uang muka yang tidak dapat dikembalikan, yang akan membantu bottom line mereka dalam waktu dekat. Dan untuk masalah penampilan, Boom telah menawarkan beberapa konsep, termasuk membuat penawaran mengenai kabin mewah dengan kursi datar.

Boom berencana untuk menerbangkan XB-1 Supersonic Demonstrator pada tahun depan, pertama dengan tes subsonik di dekat markas mereka di Denver, kemudian dilanjutkan dengan penerbangan supersonik untuk menilai kemampuan dari maskapai tersebut di Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California bagian selatan.