Rancang Ruang Bagasi Unik, Kelompok Mahasiswa Hong Kong Raih Penghargaan dari Airbus

Sumber: cnn.com

Pernahkah Anda merasa kerepotan ketika hendak memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi kabin? Apalagi jika terlambat dan terpaksa menyimpan hand carry di posisi yang cukup jauh  dari tempat duduk Anda, tentu ini merupakan hal yang sedikit banyaknya akan membuat Anda jengkel. Pengalaman itulah yang menjadi dasar sekelompok mahasiswa dari University of Hong Kong untuk membuat sebuah inovasi penyimpanan hand carry pribadi.

Baca Juga: University of Liege Sabet Gelar Juara Perhelatan Desain Kapal Ferry di New York

Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman cnn.com (22/5/2017), sekelompok pelajar yang menamai diri mereka Tim DAELead ini berhasil menjuarai kompetisi Fly Your Ideas yang diselenggarakan oleh manufaktur aviasi multinasional, Airbus. Dalam perhelatan yang diadakan di Markas Airbus di Toulouse pada bulan Mei kemarin, Tim DAELead berhasil membawa  pulang hadiah sebesar $33.700 berkat ide inovatif mereka, yaitu menciptakan ruang penyimpanan hand carry pribadi  di bawah bangku penumpang yang ada di depannya, tanpa mengambil ruang penyimpanan kaki Anda.

Adapun cara kerja dari inovasi ini adalah menyimpan sebuah kotak di bawah permukaan lantai karpet setiap bangku penumpang. Ukuran kotak tersebut pun tidak lebih besar dari luas alas bangku penumpang. Kotak tersebut disambungkan dengan menggunakan engsel ke lantai kabin, membuatnya bisa dibuka-tutup kapan pun Anda mau (push to open). Dengan begitu, ruang penyimpanan kaki Anda tidak terganggu, walaupun Anda menyimpan hand carry Anda di bawahnya.

Para juri dalam kompetisi tersebut kagum dengan inovasi ini. Disampaikan langsung oleh Tim DAELead, nantinya inovasi ini akan dipasang di seluruh maskapai penerbangan setelah melewati serangkaian uji teknis, kelayakan, dan keamanan. “Para juri terkesan dengan gagasan inovatif yang dituangkan oleh Tim DAELead. Ini bisa jadi solusi sederhana namun efektif untuk perjalanan udara yang lebih baik,” tulis sebuah pernyataan di laman Fly Your Ideas.

Baca Juga: Gelar “Sayembara”, Hyperloop Akan Saring 10 Ide Jalur Terbaik

Tercatat, hampir 5.500 siswa terdaftar dari seluruh dunia yang terbagi ke dalam 356 tim berbeda untuk mengikuti kompetisi ini. Lima tim terpilih akan diundang ke acara puncak di Toulouse, Perancis untuk mengembangkan prototip mereka di hadapan para ahli dari Airbus. Diketahui, Runner Up dalam kompetisi ini, Aquarius dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), mengembangkan sebuah ide untuk mengubah pesawat militer A400M menjadi sebuah mesin pemadam kebakaran.

Sejak kompetisi Fly Your Ideas ini pertama kali dihelat pada tahun 2008 silam, dikalkulasikan ada lebih dari 20.000 siswa dari lebih dari 650 universitas di lebih dari 100 negara di seluruh dunia telah mengambil bagian dalam perhelatan ini.