Qatar Airways, KLM dan Bandara Heathrow Sabet Penghargaan di Future Travel Experience Awards

Sumber: flights.com.kw

Dalam pagelaran Future Travel Experience Awards yang diadakan di Mandalay Bay Resort, Las Vegas pada 6-8 September 2017, menelurkan sejumlah bandara dan maskapai yang dianggap sukses menghadirkan beragam produk inovatif dalam pelayanannya terhadap para penumpang. Beragam kriteria pun tidak luput dari penilaian dalam perhelatan tersebut. Diharapkan, dengan adanya acara ini, pihak maskapai dan bandara lainnya dapat mencontoh atau bahkan melebihi pencapaian para pemenang dalam event tahunan ini.

Baca Juga: 20 Bandara Ini Dipercaya Punya Akses WiFi Terbaik di Dunia

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thestar.com.my (13/9/2017), maskapai Timur-Tengah, Qatar Airways berhasil menyabet dua penghargaan dari dua kategori yang berbeda, yaitu best baggage initiative dan “best up in the air” initiative. Tidak lupa, QSuite milik Qatar juga dinobatkan sebagai layanan tempat tidur ganda pertama di industri aviasi untuk kelas bisnis.

Suite yang dapat disesuaikan tersebut digambarkan sebagai game-changer saat mengawali debutnya di awal tahun 2017 kemarin, karena kemampuannya untuk merubah konfigurasi empat tempat duduk menjadi tempat tidur double, begitupun sebaliknya. Masing-masing suite memiliki pintunya masing-masing, lengkap dengan pencahayaan dan TV movable.

Beralih ke pra-sarana, Bandara Heathrow di Inggris berhasil membawa pulang penghargaan untuk teknologi facial recognition yang mereka aplikasikan di terminal 5-nya. Sebanyak 36 gerbang self-boarding biometrik terbukti ampuh untuk membantu mempercepat proses boarding para penumpang domestik yang hendak bepergian menggunakan maskapai British Airways. Rencananya, pihak Bandara Heathrow akan memasang teknologi ini di lebih dari 300 gerbang pada tahun depan.

Tidak mau kalah dengan kompetitornya, maskapai asal Negeri Kincir Angin, KLM juga turut turun ke panggung untuk menerima penghargaan di kategori Best Passenger Assistance Initiative karena penggunaan sosial media dalam membantu penumpang selama melakukan perjalanan, dari mulai pemesanan tiket hingga perjalanan berakhir. Penumpang dapat mengkonfirmasi pesanan, pemberitahuan check-in, mendapatkan boarding pass, hingga mendapatkan update berita terbaru seputar penerbangan mereka yang tersedia dalam 10 bahasa. Mereka dapat mengakses itu semua melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, hingga WeChat dan para penumpang dapat pula menghubungi pihak maskapai 24/7 melalui jejaring sosial tersebut.

Baca Juga: Bandara Kopenhagen Tempati Peringkat Teratas Untuk Pemeriksaan Keamanan

Dan pemenang untuk kategori Sustainable and Green Initiatives diraih oleh Bandara Oslo di Norwegia. Bandara ini juga digalang-galang memiliki desain terminal bandara terbaik. Pada awal musim semi ini, Bandara Oslo rencananya akan meresmikan sebuah bangunan terminal baru yang dilengkapi dengan panoramic curved glass windows sepanjang 300m, lengkap dengan tema “hijau” yang erat melekat. “Ini merupakan bandara pertama yang mendapat predikat sangat bagus di dunia,” tulis Building Research Establishment Environmental Assessment Method (BREEAM) dalam sebuah rilis.