Permudah Transportasi Urban, Tiongkok Bangun Rel Kereta di Apartemen

standard.co.uk

Tiongkok negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini akan membuat Anda tidak percaya dengan apa yang ada di salah satu sudut kotanya. Dilansir dari standard.co.uk, di daerah Chongqing kereta api berjalan langsung melalui blok-blok flat (apartemen/rusun). Mungkin Anda tidak percaya, tetapi ini benar-benar ada dan melewati bagian dalam dari 19 rusun/apartemen di kota Chongqing.

Kereta ringan yang melewati rusun/apartemen di kota ini adalah Chongqing Rail Transit Line nomor 2. Uniknya lagi, kereta ini melewati rusun/apartemen setiap hari dan ada kemungkinan kereta ringan ini berjenis LRT (Light Rail Transit) Monorel yang mampu mengangkut banyak penumpang dan tidak berisik.

Kereta ringan Chongqing Rail Transit Line nomor 2 ini adalah salah satu sistem transportasi di kota dengan luas 31.000 mil persegi dengan populasi sekitar 49 juta orang. Bisa dikatakan, kota ini bukanlah kota besar, melainkan kota kecil dengan penduduk yang padat dan berdesakan. Hal ini jugalah yang membuat perencanaan kota harus memiliki solusi yang efisien untuk sistem transportasinya.

Kereta ringan ini, memiliki radius kecil dan mampu menampung banyak orang. Tak hanya itu, kereta ringan ini juga dibuat melalui jalan-jalan kecil dan untuk memadukan sistem kereta dengan lingkungan sekitarnya. Sejak proses perencanaanya, LRT ini dibuat melalui rusun/apartemen, pihak pengembang melakukan koordinassi dengan pejabat tata kota untuk membuat desain yang tepat dan memungkinkan kereta bisa melalui bangunan.

Menurut harian setempat, pengembang dan pejabat tata kota, membangun sebuah stasiun di lantai delapan kompleks apartemen tepatnya di stasiun Liziba. Ini memuat para penghuni apartemen bisa langsung menggunakan kereta dari apartemen mereka sendiri tanpa harus menuju stasiun lainnya. Selain itu, jauhkan pikiran Anda dengan kereta yang berisik. Sebab,ChongqingRail Transit Line nomor 2 ini terkenal menjadi jalur kereta yang tenang. Melihat model LRT ini, rasanya pas diterapkan di Jakarta di masa depan.