Nah Ini! Trik Unik Buat Cari Tiket Pesawat Murah

Tips yang menyodorkan cara pencarian dan pembelian tiket pesawat sudah banyak dituangkan dalam beberapa tulisan. Namun umumnya yang ditawarkan adalah jurus-jurus sederhana, dan kali ini kami merangkum dari berbagai sumber tentang trik unik untuk mendapatkan tiket penerbangan murah. Seperti apakah trik yang unik tersebut, beberapa dianggap unik karena diambil berdasarkan persepsi dari pihak agen perjalan dan maskapai.

1. Diskon besar setiap hari Senin atau Selasa
Pada dua hari ini, tiket pesawat biasanya akan lebih murah dari hari-hari lain. Ini menjadi waktu yang paling tepat untuk mencari tiket untuk Anda.

2. Beli tiket hari Selasa dan Rabu
Selain memberikan diskon, maskapai juga berlomba-lomba memberikan penawaran dan terbukti harganya bisa lebih murah hingga Rp200 ribu.

Baca juga: 13 Tips Perjalanan Luar Negeri dengan Ransel

3. Hari Minggu harga tiket mahal
Biasanya tiket hari Jumat ataupun Minggu akan lebih mahal dari hari lainnya. Sebab, banyak wisatawan yang menggunakan akhir pekan untuk berlibur dan penjualan juga meningkat.

4. Harga tiket berubah tiga kali dalam sehari
Seperti minum obat, harga tiket ini pun bisa berubah tiga kali dalam sehari. Mungkin saat Anda melihat harga di pagi hari sekian bisa menjadi lebih mahal sedikit pada sore atau malam hari.

5. Jangan pesan tiket di minggu yang sama saat terbang
Pesan tiket jangan langsung di minggu dimana Anda akan berangkat. Sebab harga tiket akan melonjak drastis di waktu tersebut.

6. Beli tiket enam sampai delapan minggu keberangkatan
pesan tiket yang baik adalah 42 sampai 50 hari sebelum beragkat. Memesan jauh-jauh hari juga tidak baik karena terkadang sering ada promo yang bisa membuat Anda menyesal. Memesan dua bulan sebelum berangkat selain tidak terlalu jauh dari waktu keberangkatan, harga yang didapat juga tidak terlalu melonjak tinggi.

7. Subscribe website dengan email untuk penawaran harga
Saat mengunjungi website sebuah maskapai, jangan lupa masukkan email. Biasanya maskapai akan memberikan informasi bila ada promo.

8. Pertimbangkan bandara lain
Di setiap daerah yang Anda kunjungi pastinya ada bandara lain. Cek harga di bandara lain tersebut, bila lebih murah baiknya ambil yang lebih murah dibandingkan di bandara pilihan Anda.

Baca juga: Mau Travelling, Ini Tips Buat Melipat Pakaian Yang Hemat Tempat!

9. Beli tiket online, jangan lupa mode incognito di browser
Harga tiket online akan meningkat seiring trafik yang tinggi dari situs tersebut. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengecek situs website tersebut dalam mode incognito. Dengan cara itu, Anda seperti mengunjungi website tersebut secara sembunyi dan “tidak ketahuan”. Dengan begitu trafik yang mengunjungi website tersebut tidak akan terlihat ramai sehingga harga juga diharapkan tidak akan meningkat signifikan.

10. Beli tiket jauh hari bila sudah atur jadwal traveling
Jika memang Anda merencanakan liburan pada masa liburan sekolah atau akhir tahun, Anda bisa mulai mengecek dari jauh hari sehingga Anda bisa melakukan komparasi, terutama saat tiba-tiba ada promo dari maskapai. Anda juga bisa memperbanyak referensi untuk tujuan liburan, maskapai apa dan di bulan apa biasanya mereka menawarkan promo perjalanan.