Mau Wisata Ke Makau? Kini AirAsia Tawarkan Penerbangan Langsung dari Jakarta

AirAsia

Bila ingin berwisata ke Makau, umumnya dari Indonesia harus melalui Hong Kong, lantaran belum ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Makau. Namun kali ini ada terobosan dari maskapai LCC (Low Cost Carrier) AirAsia yang telah resmi menawarkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Makau. Penerbangan perdana dari Jakarta menuju Makau ini dimulai pada 8 Agustus 2017 kemarin.

Baca juga: Setelah 2 Jam Alami Guncangan Hebat, Airbus A330 AirAsia X Kembali ke Perth

Dilansir KabarPenumpang.com dari macaudailytimes.com.mo (8/8/2017), pada penerbangan perdana tersebut AirAsia mendarat di bandara Makau pukul 7.38 pagi yang disambut dengan meriam air. Dari Jakarta, diketahui keberangkatan maskapai tersebut melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan membawa 162 penumpang.

AirAsia Indonesia, akan melayani penerbangan dari Jakarta menuju Makau tiga kali dalam seminggu yakni setiap hari Senin, Jumat dan minggu. AirAsia menggunakan pesawat narrow body Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi. Kedepannya per 1 September 2017, rute ini akan diperkirakan meningkat menjadi empat kali dalam seminggu. Waktu yang dibutuhkan dalam penerbangan langsung sekitar 4 jam 55 menit

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong dan Makau, Tri Tharyat mengatakan, dimulainya layanan langsung AirAsia Indonesia maka akan memperkuat hubungan bilateral kedua negara dan bisa membawa dampak ekonomi yang positif terutama dibidang perdagangan dan pariwisata.

Baca juga: AirAsia X Tujuan Kuala Lumpur Alami Turbulensi, Lima Penumpang Terluka

Direktur Pemasaran Macau International Airport’s (CAM), mengatakan bahwa rute baru ini diharapkan bisa membantu meningkatkan jumlah penumpang yang menggunakan bandara Makau. “Kami mendorong pertumbuhan maskapai penerbangan dalam jumlah rute dan frekuensi penerbangan yang lebih besar, karena akan menekankan peran perjalanan udara dalam meningkatkan ekonomi di Cina Daratan,” katanya.

Tony Fernandes, Chief Executive Officer AirAsia Group, yang tidak menghadiri penerbangan perdana rute Jakarta-Macau tersebut mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengklaim bahwa maskapai dengan biaya rendah mereka ini selalu memperjuangkan Makau.

“Macau adalah salah satu tujuan internasional pertama kami dan juga salah satu rute unik kami yang paling awal dari Kuala Lumpur. Penerbangan perdana hari ini dari Jakarta menunjukkan bahwa kita tetap berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas antara Makau, Delta Sungai Mutiara dan Asean, dan membawa lebih banyak pengunjung ke Indonesia dan kawas Cina Selatan, “kata Fernandes. Untuk merayakan rute tersebut, AirAsia Indonesia menawarkan tarif promosi peluncuran khusus untuk lebih merangsang permintaan.