Liburan Telah Usai, Waspadai Post Holiday Syndrome!

Ilustrasi Post Holiday Syndrome (Gamelearn)

Liburan memang mengasyikan bahkan membuat pikiran kembali fresh karena tidak memikirkan pekerjaan saat menikmatinya. Namun, bagaimana jika waktu liburan telah usai dan harus kembali bekerja?

Baca juga: Ini Dia! Pekerjaaan Favorit Yang Asyik Dilakukan Sembari Liburan

Ketika Anda baru pulang berlibur dan tidak bisa langsung bekerja mungkin anda merasakan penderitaan liburan atau bila berlangsung selama beberapa hari mungkin mengalami Post Holiday Syndrome atau sindrom pasca liburan. Psikolog di Univesity of Granada Spanyol meneliti kondisi tersebut digambarkan sebagi perasaan ketidaknyamanan umum saat akan kembali bekerja.

Biasanya gejala yang dialami seperti kelelahan, kurang nafsu makan, nyeri otot dan kecemasan. Tetapi jangan takut, untuk menghilangkan sindrom ini, KabarPenumpang.com merangkum dari beberapa laman sumber tips jitunya.

1. Tidak langsung bekerja
Bila sudah tahu akan kembali bekerja, jangan pulang dari liburan satu hari sebelumnya. Biasakan beberapa hari sebelumnya, karena dengan ini bisa ada waktu penyangga sebelum kembali aktivitas.

2. Persiapkan yang harus dilakukan
Sebelum mulai bekerja, baiknya cek email terlebih dahulu. Ini untuk memudahkan Anda memilah pekerjaan yang akan di lakukan. Persiapan ini juga agar menjauhkan Anda dari efek liburan yang masih tersisa. Siapkan waktu setengah jam untuk merencanakannya, jangan malu bila ada yang tahu Anda baru saja kembali dari menyegarkan diri.

3. Ubah pola liburan
Para peneliti mengatakan untuk tidak megambil liburan panjang tetapi baiknya ambil beberapa liburan dengan waktu yang pendek. Hal ini akan memudahkan dalam menyesuaiikan kehidupan kerja. Bila dalam setahun memiliki niatan untuk berlibur, cari waktu yang pendek seperti beberapa hari dalam sebulan.

4. Padukan kerjaan dan hidup
Dalam kehidupan seseorang, pekerjaan termasuk di dalamnya. Sehingga jangan seimbangkan tetapi dipadukan agar energi terfokuskan dalam menangani hal-hal untuk mencapai sesuatu dalam pekerjaan. Karena setiap orang memiliki pekerjaan yang berbeda sesuai bidangnya.

Baca juga: Baru Pertama ke Tokyo? Jangan Bingung, Ikuti Tips Ini Agar Tidak Keder!

5. Fokus pada pekerjaan
Bila masih berada di aroma liburan, baiknya fokuskan pada pekerjaan. Karena liburan sudah berlalu dan pekerjaan yang ada di depan mata nyata. Jadi baiknya dari awal bekerja sadarkan diri bahwa hari liburan telah usai

Dengan beberapa tips ini, Post Holiday Syndrome bisa berkurang perlahan dan memudahkan kembali ke kehidupan Anda. Mengubah tatanan meja kerja juga bisa membantu melepaskan sindrom yang membuat Anda seperti merasa liburan.