Jelang Pemeriksaan Keamanan di Bandara, Sebaiknya Tanggalkan Aksesoris Berikut Ini!

Sumber: tallinn-airport.ee

Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk memudahkan prosedur pemeriksaan keamanan di bandara. Apalagi jika perjalanan yang dilakukan dengan destinasi internasional, kerap prosedur keamanan menjelang boarding jauh lebih ketat, dan bila tak dipersiapkan secara matang, tak jarang akan membuat calon penumpang panik dan mengganggu antrean.

Baca juga: Terbang Jarak Jauh? Don’t Worry Ikuti Tips Ini

Berikut ini, KabarPenumpang.com merangkum dari laman oprah.com, ada tujuh hal yang harus Anda semestinya tanggalkan atau tak digunakan menjelang pemeriksaan keamanan di bandara, terutama saat pemeriksaan dengan alat pemindai.

1. Ikat pinggang
Untuk mengamankan celana yang kebesaran agar tidak melorot, biasanya Anda akan menggunakan ikat pinggang. Tetapi, tahukah Anda, saat melewati pemeriksaan keamanan, ikat pinggang harus dilepaskan dan membuat penumpang lainnya menunggu Anda melepasnya untuk masuk dalam alat pemindai. Baiknya gunakan celana karet atau celana yang bisa digunakan tanpa ikat pinggang untuk memudahkan saat pemeriksaan keamanan.

2. Sandal jepit
Memang sandal jepit nyaman untuk digunakan, tapi baiknya tinggalkan sandal jepit Anda di rumah, sebab bisa mendatangkan kuman pada jari kaki. Direktur kreatif O, Adam Glassman mengatakan, baiknya penumpang menggunakan kaus kaki jika menggunakan sandal jepit atau lebih baik menggunakan sepatu. Selain mengindari dari kuman juga membuat jari kaki tetap hangat di dalam pesawat.

3. Perhiasan
Gunakan perhiasan sewajarnya saat akan bepergian, atau jika Anda ingin membawanya pisahkan dalam tempat yang terpisah. Hal ini agar, saat pemeriksaan keamanan lebih mudah. Glassman mengatakan, jika Anda memiliki barang yang sangat berharga bisa meminta skrining pribadi untuk menghindari sasaran pencopetan.

4. Sandal gladiator
Sandal ini cukup nyaman untuk digunakan saat bepergian di musim panas dan cukup populer. Tetapi karena banyak sabuk dan tali tidak akan membuat nyaman saat pemeriksaan keamanan. Sepatu boots dan hak tinggi juga tidak disarankan untuk digunakan di pesawat. Ada baiknya gunakan sepatu atau sepatu sandal yang nyaman. Sebab, jika Anda hampir terlambat dan berlarian untuk mengejar pesawat bisa memudahkan tanpa harus khawatir terjatuh atau tergelincir.

5. Jaket atau Sweater
Sah-sah saja membawa atau menggunakan jaket ataupun sweater, apalagi saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh. Tetapi, baiknya lepaskan jaket atau sweater Anda sebelum berada di pemeriksa keamanan. Sebab, jaket atau sweater yang digunakan sama seperti ikat pinggang harus di buka dan masuk dalam alat pemindai.

6. Bra Underwire
Kabel yang ada di lingeri memicu detektor logam nirkabel yang peka untuk meledak. Pilihlah dan gunakan bra yang memang nyaman dan tidak terindikasi bahan peledak.

Baca juga: Lebih dari 100 ml, Cairan Tak Boleh Masuk ke Dalam Kabin

7. Ukuran botol sesuai
Prosedur keamanan penerbangan hanya memperbolehkan membawa cairan berukuran 100 ml. Jika Anda membawa cairan lebih dari 100 ml, baiknya masukkan ke koper. Bila dibawa dalam tas jinjing pun biasanya di pisahkan dalam plastik zip bening untuk memisahkannya.