Ingin Jadi Masinis Shinkansen? Datang Saja ke Omiya Railway Museum, Saitama!

Sumber: mainichi.jp

Duduk di kursi yang nyaman dan dapat melakukan mobilitas dari satu titik ke titik yang lain dengan kecepatan yang luar biasa menjadi gambaran sederhana dari seorang penumpang kereta peluru. Kendati hingga saat ini Indonesia masih belum memilikinya, namun pemberitaan tentang kereta peluru seperti yang ada di Jepang kerap kali membuat warga Indonesia ingin merasakan sensasi ‘menungganginya’. Namun apa jadinya jika Anda disuruh untuk mengendalikan kereta dengan kecepatan di atas 200km/jam tersebut?

Baca Juga: Shinkansen Hello Kitty Resmi Mengular, Penggemar dan Penumpang Riuh Ramai Berselfie Ria

Bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di dunia perkeretaapian, khususnya masinis, mungkin akan sulit bagi Anda untuk membayangkannya. Tapi di Jepang, Anda tetap bisa merasakan sensasi mengendarai ikon dari jaringan kereta api di Negeri Matahari Terbit, lho! Dikutip KabarPenumpang.com dari laman mainichi.jp (5/7/2018), Railway Museum yang terletak di Saitama menawarkan wahana simulasi mengemudikan kereta peluru.

Hadirnya simulator shinkansen E5 di Railway Museum per tanggal 5 Juli 2018 ini merupakan salah satu wahana yang disediakan oleh pihak museum dalam rangka peresmian gedung baru. Tak pelak, wahana simulator tersebut ramai dihampiri oleh para pengunjung, tidak terkecuali para railway geeks (penggila kereta api) yang diketahui memiliki minat lebih dalam dunia perkeretaapian. Di pameran itu juga, Anda juga dapat secara lebih mendalam memahami filosofi kerja, sejarah, dan gambaran masa depan dari perkeretaapian Jepang.

Siapapun boleh menjajal wahana E5 Simulator yang menjadi andalan pihak penyelenggara. Cukup merogoh kocek sebesar 500 yen atau yang setara dengan Rp65.000, Anda sudah bisa merasakan sensasi ngebut dengan kecepatan 320km/jam, lengkap dengan kursi kemudi yang didesain sangat mirip dengan aslinya. Sebuah layar besar pada bagian depan yang menayangkan video panorama semakin menambah nilai realistis dari wahana ini.

Ada banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat Anda gali di pameran ini. Sebut saja Anda dapat memahami lebih detail mengenai pekerjaan yang setiap harinya dibebankan kepada seluruh personel di jaringan perkeretaapian Jepang di “Job Station” yang terletak di lantai dasar museum ini.

Baca Juga: Wow, Kereta Shinkansen Ada di Restoran Indonesia!

Atau bagi Anda yang tertarik dengan sejarah perkeretaapian Jepang, Anda pasti akan betah berlama-lama di “History Station” yang terletak di lantai tiga. Nah, bagi Anda yang sekiranya ingin mengetahui gambaran masa depan dari jaringan perkeretaapian Jepang, Anda bisa menyambangi “Future Station” yang terletak di lantai dua. Bagaimana, sangat menarik bukan? Jangan lupa sempatkan diri Anda untuk mampir ke museum yang terkenal dengan nama Omiya Railway Museum ini ya!