Gaffoglio Family Metalcrafters Luncurkan Bus Listrik

Sumber: newatlas

Sebuah perusahaan yang bermarkas di Fountain Valley, California, Gaffoglio Family Metalcrafters mengeluarkan sebuah prototipe bus elektrik dalam sebuah event internal pada bulan April kemarin. Gaffoflio Family Metalcrafters berusaha untuk menepis anggapan masyarakat yang mengatakan desain kendaraan elektrik amatlah monoton. Perusahaan tersebut berusaha untuk menampik semua anggapan tersebut dan berusaha untuk mengajak semua lapisan masyarakkat untuk menaiki bus berukuran mungil tersebut.

Prototipe bus yang dapat menampung 42 penumpang ini menggunakan 96 baterai lithium-besi-fosfat Winston yang terintegrasi di dalam sasisnya, dilindungi oleh serat karbon yang tahan api dan diatur oleh sistem manajemen baterai yang juga terinstal di dalamnya. Bus yang memiliki berat kurang lebih 22,5 ton ini dapat menjajal jalanan dengan jarak rata-rata sejauh 120 mil atau setara dengan 193 km sekali charge.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com pada Selasa (9/5/2017), Gaffoglio Family Metalcrafters tengah merencanakan untuk menambah daya gedor bus ini sehingga bisa melaju hingga jarak 250 mil atau setara dengan 400 km. Baterai yang digunakan oleh bus ini memiliki daya 1000 ampere dengan aliran listrik 350 volt.

Sumber: newatlas

Beralih ke bagian kabin, prototipe bus ini dilengkapi dengan 42 bangku penumpang yang tersusun rapi dengan warna biru mendominasi bangku-bangku tersebut. Kesan mewah langsung mencuat ketika melihat lorong bus yang dilapisi oleh bahan kayu sintetis berwarna abu-abu natural yang serasi dengan bagian dindingnya dan menambah nuansa  elegan dari bus tersebut. Ditambah dengan ruang untuk menyimpan barang pada bagian atas bangku penumpang. terdapat juga beberapa layar sentuh yang tergantung di antara pengemudi dan kabin penumpang, yang berguna untuk menampilkan informasi mengenai perjalanan tersebut. Pada bagian belakang, terdapat sebuah kamar mandi yang dapat digunakan kapanpun.

Untuk desain luar, bus ini terbilang cukup unik, terutama pada bagian depannya. Sebuah single-wiper yang terpasang pada bagian kaca depan bus seolah menambah kesan unik dari bus ini, karena kebanyakan bus menggunakan double-wiper. Bentuk bodinya yang luwes dan berbeda dengan bus lainnya tentu menjadi modal utama bus ini untuk menarik perhatian calon penumpangnya nanti.

Sebelumnya, pihak Gaffoglio Family Metalcrafters yang memulai bisnisnya pada tahun 1979 ini mendapatkan mandat untuk menciptakan sebuah kreasi yang berfokus pada penyimpanan baterai dan transportasi listrik oleh sebuah perusahaan energi berkelanjutan asal negeri tirai bambu, China. Nama Gaffoglio Family Metalcrafters mungkin tidak setenar manufaktur otomotif lain, namun memiliki sejarah bekerja dengan perusahaan mobil sejak tahun 1979. Sejak saat itu, perusahaan ini mulai mengembangkan konsep prototipe yang dibuatnya untuk dikembangkan kembali menjadi sebuah merk dagang utama. Nama Gaffoflio Family Metalcrafters sempat melambung ketika dipercaya untuk menyusun resume yang mencakup Fisker’s Ford Mustang Rocket.