Cina Luncurkan Fuxing High-Speed Train, Mampu Tembus Kecepatan 350 km Per Jam!

Sumber: inquirer.net

Negeri Tirai Bambu kembali unjuk gigi sebagai negara yang maju di segala bidang. Baru-baru ini negara dengan populasi manusia terbanyak di dunia ini merilis layanan kereta peluru terbarunya yang digadang mampu menembus kecepatan maksimum 350 km per jam. Selain itu, kehadiran armada bernama Fuxing High-Speed Train ini juga diproyeksikan untuk melipatgandakan kapasitas yang dilayani oleh armada sebelumnya.

Baca Juga: Kereta Peluru Fuxing Akhirnya Kembali Merajai Dunia Kereta Api Cina

Dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, Fuxing High-Speed Train yang menarik 16 gerbong ini berangkat Shanghai Hongqiao Railway Station pada Senin (1/7/2018) sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Dengan panjangnya yang mencapai 415 meter, kereta ini diproyeksikan untuk mengangkut 1.193 penumpang setiap perjalanannya, atau dua kali lipat layanan kereta komersial di Cina.

Dengan kecepatan maksimum yang sudah disebutkan di atas, itu berarti kereta ini mampu menghubungkan Shanghai dan Beijing yang terpaut jarak 819 mil (1.318km) hanya dengan waktu empat jam 28 menit saja.

Menurut Shanghai Railway Station, sebanyak tiga kereta cepat ini nantinya akan beroperasi di ute G2 / G3, G10 / G11 dan G118 / G149 antara Shanghai dan Beijing. Selain itu, Fuxing High-Speed Train ini juga memiliki kursi first-class dan business-class yang lebih banyak ketimbang layanan lainnya.

Hadirnya layanan kereta cepat di Cina dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang ternyata telah mengubah budaya berkendara masyarakatnya sendiri. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh China Railway Corporation, rata-rata okupansi Fuxing High-Speed Train antara Shanghai – Beijing mencapai angka 94 persen. Angka tersebut menguat 17,5 persen dari layanan lain yang mengular di jalur yang sama.

Baca Juga: Terbebas dari Status Skors, Kereta Peluru Cina Siap Mengular Kembali

Kedepannya, akan ada tambahan enam kereta cepat yang menghubungkan Shanghai dengan sejumlah destinasi lain di Negeri Tiongkok, seperti Provinsi Fujian, Hunan, Jiangxi dan Shanxi. Terhitung sejak debutnya, Fuxing High-Speed Train telah mengangkut lebih dari 2,8 juta penumpang.

Wakil Kepala Shanghai Railway Station, Wu Peng memperkirakan bahwa pada puncak liburan musim panas ini, kereta akna mengangkut sekitar, “21,5 juta penumpang. Terhitung sejak 1 Juli hingga 1 Agustus 2018 mendatang,”