Jungfraujoch, Stasiun Tertinggi di Eropa yang Sajikan ‘Lukisan’

Bagaimana rasanya jika Anda yang baru saja mengakhiri perjalanan dengan menggunakan kereta dan turun di sebuah stasiun yang berada di ketinggian lebih dari 3.000 mdpl (meter diatas permukaan laut)? Sebuah stasiun yang tingginya hampir menyamai ketinggian dari puncak tertinggi di Jawa, Mahameru (3.676 mdpl).

Baca Juga: Benarkah Swiss Adalah Negara Terindah di Dunia?

Tentu perbedaan suhu udara yang ekstrem akan mempengaruhi tubuh Anda setibanya di stasiun ini. Tapi tunggu dulu, jangan kira stasiun ini hanyalah sekedar imajinasi semata. Faktanya, ada sebuah stasiun di Swiss yang bertengger di atas ketinggian 3.454 mdpl! Ya, selamat datang di Stasiun Jungfraujoch!

Lansiran KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, karena ketinggiannya yang bisa dibilang tidak wajar, stasiun yang menjadi salah satu bagian dari Jungfraubahn Line ini dinobatkan sebagai stasiun kereta tertinggi di Eropa. Sedangkan untuk predikat stasiun tertinggi di dunia hingga saat ini masih dipegang oleh Stasiun Tanggula, Cina dengan ketinggian 5.072 mdpl.

Ice Museum. Sumber: pinterest

Stasiun ini sendiri terletak di antara puncak Mönch dan pegunungan Jungfrau di pusat kota Swiss yang menawarkan pemandangan spektakuler di atas gletser. Dari sini, pemandangan yang disuguhkan adalah hamparan pegunungan yang diselimuti oleh salju khas Swiss. Diketahui, lebih dari setengah juta penumpang per tahun datang ke Stasiun Jungfraujoch.

Selain dapat menikmati pemandangan, wisatawan yang datang ke tempat ini juga dapat mengunjungi Ice Museum. Tempat ini berupa serangkaian terowongan dan kamar yang diukir dari gletser dan dipenuhi hiasan patung es. Jika Anda tertarik untuk mengetahui sejarah dari Stasiun Jungfraujoch, Anda bisa menyambangi terowongan Alpine Sensation yang menawarkan beragam informasi historikal.

Alpine Sensation. Sumber: youtube

Tidak hanya menyandang gelar sebagai stasiun tertinggi di Eropa, Stasiun Jungfraujoch juga bisa dibilang merupakan salah satu stasiun tertua di Benua Biru. Bagaimana tidak, stasiun ini mulai dibuka untuk umum pada 1 Agustus 1912, lebih dari 100 tahun yang lalu! Tidak berhenti sampai di situ, pembangunan stasiun ini pun tergolong sangat cepat, karena pembangunannya sendiri baru dimulai pada 21 Februari 1912.

Stasiun ini dilayani oleh kereta api Jungfrau, yang beroperasi dari Kleine Scheidegg, di mana mereka saling terhubung dengan layanan dari Interlaken, Lauterbrunnen, Wengen dan Grindelwald melalui jalur Bernese Oberland dan jalur Wengernalp.

Baca Juga: Glacier Express, Antarkan Anda Nikmati Indahnya Pemandangan Swiss

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menikmati suguhan Mahakarya Sang Pencipta dari stasiun tertinggi di Dataran Eropa ini? Sedikit informasi, layanan yang dioperatori oleh Jungfraubahn ini melakukan perjalanan dengan interval keberangkatan dua jam sekali.