JANET, Maskapai Penerbangan yang Serba Rahasia

JANET Airlines (National Post)

Setiap penumpang pesawat biasanya memiliki maskapai pilihannya sendiri baik itu untuk mendapatkan poin tambahan, kenyamanan, kebiasaan atau hal lainnya. Seperti menikmati Garuda Indonesia, Delta, United atau maskapai lainnya mungkin adalah pilihan karena memiliki reputasi baik dalam dunia penerbangan.

Baca juga: Ada ‘Misi Rahasia’ di Balik Pembangunan Terminal T4 di Kuwait International Airport

Tetapi apa jadinya jika di dunia ini yang memiliki lebih dari 400 maskapai penerbangan yang beroperasi dan salah satunya merupakan maskapai rahasia? Ya, maskapai ini milik Amerika yang belum terdengar namanya oleh banyak orang.

KabarPenumpang.com melansir dari laman researchsnipers.com (27/6/2018), nama maskapai tersebut adalah JANET yang mungkin merupakan singkatan dari Joint Air Network for Employee Transportation atau Just Another Non-Existent Terminal. Maskapai ini merupakan layanan pesawat rahasia pemerintah milik Amerika Serikat.

Diketahui, JANET memiliki sebelas pesawat yang berbasis di Bandara Internasional McCarran Las Vegas, dimana enam pesawatnya adalah Boeing 737-600 yang banyak digunakan untuk perjalanan udara komersial. Sedangkan lima lainnya merupakan pesawat eksekutif yang lebih kecil yakni  dua Beechcraft 1900 dan tiga Beechcraft 200C.

Tujuan maskapai JANET pun berbeda dengan yang lainnya yakni mengangkut para pegawai pemerintahan ke pangkalan militer misterius di Area 51 yang terletak 15 mil atau sekitar 24,14 km sebelah utara The Strip. Maskapai JANET ini lepas landas dari Terminal Gold Coast yang merupakan bagian terisolasi yang dirancang khusus dan tempat penyimpanan maskapai tersebut.

Penerbangan JANET ini sendiri beroperasi dengan nomor penerbangan tiga digit dengan awalan WWW. Memiliki cat berwarna putih dengan garis merah yang menandakan kesederhanaan pada enam pesawat besarnya sedangkan lima pesawat kecil bercat putih dengan garis biru.

Baca juga: Saat Terjadi Pembajakan, Inilah Sinyal Rahasia Yang Dapat Dikirimkan Oleh Pilot

Pesawat JANET sendiri digunakan untuk perjalanan ke Area 51 dan Las Vegas, tetapi ada kabar bahwa pesawat ini juga terbang ke area lain seperti Pangkalan Angkatan Udara Wright Patterson di Ohio dan Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California. JANET merupakan maskapai rahasia yang tidak pernah diakui oleh Amerika Serikat.

Dengan terkuaknya sedikit misteri penerbangan rahasia ini, membuat pertanyaan baru apakah JANET satu-satunya penerbangan rahasia yang beroperasi di dunia, atau ada lagi?