Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanDaftar 18 Stasiun LRT Jabodebek Terintegrasi Transjakarta-Mikrotrans, KRL, MRT Jakarta, KCJB, KA...

Daftar 18 Stasiun LRT Jabodebek Terintegrasi Transjakarta-Mikrotrans, KRL, MRT Jakarta, KCJB, KA Bandara, Bus AKAP, Sampai Angkot

LRT Jabodebek sudah diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/8/2023). Moda ini melayani dua lintas, yaitu Harjamukti – Dukuh Atas PP dan Dukuh Atas – Jati Mulya PP, melewati 18 stasiun yang seluruhnya terintegrasi dengan moda lainnya, mulai dari Transjakarta-Mikrotrans, KRL, MRT Jakarta, KCJB, KA Bandara, Bus AKAP, Transpatriot, sampai angkutan kota (Angkot).

Baca juga: Transjakarta Operasikan Dua Rute Pengumpan Mikrotrans Terintegrasi LRT Jabodebek, Lengkapi 11 Halte Terintegrasi LRT Jabodebek

Sejak diresmikan dan beroperasi secara komersial, tarif LRT Jabodebek tarif flat sebesar Rp5.000,- untuk seluruh lintas pelayanan. Tarif Promo ini mulai diberlakukan sejak LRT Jabodebek diresmikan sampai dengan akhir bulan September 2023.

“Tarif promo ini kami berikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, serta untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat. Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi,” demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati pada Minggu (27/08) di Jakarta.

Adita menjelaskan, selain tarif flat Rp5.000, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp20.000,- untuk jarak terjauh dan di bawah Rp20.000,- untuk selain jarak terjauh. Skema tarif ini mulai diberlakukan pada awal bulan Oktober 2023 sampai dengan akhir Februari 2024.

Lebih lanjut Adita menjelaskan, pemberian tarif promo ini menggunakan subsidi dari pemerintah menggunakan skema Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO). “Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023 yaitu sebesar Rp66 miliar. Jumlah ini di luar pemberian subsidi untuk prasarana,” ucap Adita.

Setelah tak lagi promo, tarif LRT Jabodebek setelah disubsidi atau tarif yang dibayar penumpang sebesar Rp23.900 (PSO sebesar 36%) untuk rute Stasiun Dukuh Atas – Jatimulya  sepanjang ± 28 km. Rute Stasiun Dukuh Atas – Harjamukti sepanjang ± 25 km sebesar Rp21.800 (PSO sebesar 34%). Selanjutnya, untuk rute Stasiun Harjamukti – Jatimulya sepanjang ± 33 km sebesar Rp27.400.

Beberapa rute dengan tarif bersubsidi lainnya diantaranya yaitu, Stasiun Dukuh Atas – Stasiun Cawang sepanjang ± 10 km (tarif Rp11.300,-), Stasiun Dukuh Atas – Stasiun Halim sepanjang ± 13 km (tarif Rp13.400,-), Stasiun Harjamukti – Stasiun Cawang sepanjang ± 15 km (tarif Rp14.800,-), Stasiun Harjamukti – Stasiun Halim sepanjang ± 19 km (tarif Rp17.600,-), Stasiun Jatimulya – Stasiun Cawang sepanjang ± 18 km (tarif Rp16.900,-), Stasiun Jatimulya – Stasiun Halim sepanjang ± 15 km (tarif Rp14.800,-), dan Stasiun Cawang – Stasiun Halim sepanjang ± 4 km (tarif Rp7.100,-).

Baca juga: Serambi Temu Dukuh Atas Dibuka, Penumpang LRT Jabodebek Bisa Lanjut Naik KRL-MRTJ-KA Bandara

Masing-masing stasiun LRT Jabodebek atau total 18 Stasiun LRT sudah terintegrasi dengan moda lainnya. Berikut daftarnya.

  1. Stasiun Harjamukti terkoneksi dengan Jaklinko/Mikrotrans.
  2. Stasiun Ciracas terkoneksi dengan Jaklinko/Mikrotrans.
  3. Stasiun Kampung Rambutan terkoneksi dengan Transjakarta BRT, Jaklinko/Mikrotrans, Minitrans, dan Bus AKAP.
  4. Stasiun TMII terkoneksi dengan Transjakarta BRT dan Jaklinko/Mikrotrans.
  5. Stasiun Dukuh atas terkoneksi dengan Commuterline, MRT Jakarta, Transjakarta BRT, dan KA Bandara.
  6. Stasiun Setia Budi terkoneksi dengan Transjakarta BRT.
  7. Stasiun Rasuna Said terkoneksi dengan Transjakarta BRT.
  8. Stasiun Kuningan terkoneksi dengan Transjakarta BRT.
  9. Stasiun Pancoran terkoneksi dengan Transjakarta BRT.
  10. Stasiun Ciliwung terkoneksi dengan Transjakarta BRT.
  11. Stasiun Cawang terkoneksi dengan Transjakarta BRT.
  12. Stasiun Cikoko terkoneksi dengan Transjakarta BRT dan Commuterline.
  13. Stasiun Jati Mulya terkoneksi dengan Transpatriot dan Angkutan kota.
  14. Stasiun Bekasi Barat terkoneksi dengan Transpatriot dan Angkutan kota.
  15. Stasiun Cikunir 1 terkoneksi dengan Angkutan Kota.
  16. Stasiun Cikunir 2 terkoneksi dengan Angkutan Kota.
  17. Stasiun Jatibening Baru terkoneksi dengan Angkutan Kota.
  18. Stasiun Halim terkoneksi dengan Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Transjakarta BRT.
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru