Saturday, October 26, 2024
HomeBandaraBisakah Mesin Pesawat Jet Dihidupkan Tanpa Peran Awak Kokpit?

Bisakah Mesin Pesawat Jet Dihidupkan Tanpa Peran Awak Kokpit?

Saat melintasi apron di Bandara Soekarno-Hatta, nampal aktivitas sibuk dari para ground crew di sekitaran pesawat. Namun, dari sekian banyak pesawat yang berjejeran, tak satu pun terlihat ada pilot atau awak pada kokpit. Sementara, deru mesin jet terdengar keras dari pesawat-pesawat tersebut. Yang menjadi pertanyaan, mungkinkah mesin pesawat diaktifkan tanpa adanya pilot atau kopilot di kokpit?
 
 
Dalam konteks pesawat jet modern, makanya jawabannya bisa, yaitu mesin pesawat diaktifkan meski tidak ada awak pada kokpit. Persisnya, mesin pesawat jet dapat dihidupkan oleh teknisi atau personel darat di apron. Ini kadang-kadang diperlukan untuk tujuan perawatan atau jika terjadi kesalahan yang mencegah katup start digerakkan secara elektrik dari kokpit.
 
Dalam hal ini, personel darat menggunakan auxiliary power unit (APU) untuk menyediakan tenaga listrik dan mengeluarkan udara yang diperlukan untuk menghidupkan mesin. Ramp agent memasukkan ratchet ke lubang akses kecil di nacelle mesin di mana lubang kunci dapat diputar untuk membuka katup starter secara mekanis sehingga udara keluar dari APU dapat diumpankan ke mesin. Tenaga listrik yang dibutuhkan disediakan oleh APU.
 
Setelah berhasil ‘dipancing,’ mesin mulai berputar dan mencapai RPM yang tepat. Setelah mencapai kecepatan yang cukup dan bahan bakar ditambahkan dan pengapian terjadi, mesin mulai bekerja secara mandiri. Pada titik ini starter perlu dimatikan dan mesin tidak lagi membutuhkan udara keluar.
 
 
Intinya, sakelar penggantian mekanis di nacelle engine memungkinkan proses startup engine dimulai di aspal tanpa input apa pun dari kokpit. Namun, seperti yang dijelaskan, kondisi tertentu harus dipenuhi, tergantung pada model pesawat, seperti ketersediaan listrik dan daya pneumatik. Sebagai contoh, Boeing 787 hanya membutuhkan daya listrik untuk menghidupkan mesin. Berikut video proses menghidupkan mesin Airbus A321neo yang dilakukan oleh ground crew dengan bantuan APU.
 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru