Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsAlastua, Bangunan Kecil dan Dijuluki “Stasiun Pulau”, Kenapa?

Alastua, Bangunan Kecil dan Dijuluki “Stasiun Pulau”, Kenapa?

Bagi warga Semarang dan sekitarnya justru sudah tak asing lagi dengan stasiun yang satu ini. Ya, Stasiun Alastua (ATA) berada di wilayah Daerah Operasi (Daop) IV Semarang antara petak Stasiun Semarang Tawang dengan Stasiun Brumbung. Stasiun ini sekilas memang seperti hanya stasiun kecil pada umumnya, pengoperasiannya pun sudah elektrifikasi walaupun bangunan cagar budayanya masih dipertahankan hingga kini.

Baca juga: Stasiun Bangil, di Masa Lalu Dioperasikan Dua Operator Kereta Api

Tapi ada keunikan dari stasiun ini, yaitu berada di bagian tengah dari jalur kereta api. Biasanya bangunan stasiun berada di bagian kanan atau kiri dari rel kereta api, namun tidak untuk stasiun ini. Hingga stasiun ini mendapat julukan “stasiun pulau” oleh penggemar kereta api wilayah Semarang, karena stasiunnya di himpit oleh jalur kereta api di kanan dan kirinya. Terdapat 6 jalur yang tersedia di stasiun ini.

Untuk 3 jalur digunakan sebagai jalur raya atau utama untuk dijalankan kereta api reguler, sedangkan 3 jalur lainnya digunakan untuk penyimpanan rangkaian atau bisa juga untuk kereta api reguler yang biasanya digunakan dalam keadaan darurat. Stasiun Alastua ramai dilewati oleh kereta api penumpang jarak jauh, kereta api lokal, maupun angkutan barang. Dan stasiun ini melayani 24 jam perjalanan kereta api.

Baca juga: Menipu! Terdengar Sangat “Eropa,” Padahal Stasiun ini Terletak di Jawa Timur

Stasiun Alastua hanya melayani pemberhentian kereta lokal dengan rute Semarang Poncol – Ngrombo, yaitu KA Kedung Sepur. Tak hanya keunikan sebagai julukan stasiun pulau, Alastua juga memiliki keunikan penomoran jalur.

Seperti diketahui, untuk rel Jalur 1 biasanya paling dekat dengan bangunan stasiun/ruang PPKA. Namun tidak untuk Stasiun Alastua. Jalur 1 Stasiun Alastua berada di sebelah selatan atau yang biasa digunakan jalur KA Kedung Sepur berhenti. Kemudian disusul jalur 2 (Jakarta – Surabaya), jalur 3 (Surabaya – Jakarta), kemudian jalur 4, 5, dan 6 berada di sebelah utara stasiun. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru