Saturday, October 26, 2024
HomeDestinasiIni Dia Ciri Khas Musik Kedatangan Kereta Api di Stasiun. Kira –...

Ini Dia Ciri Khas Musik Kedatangan Kereta Api di Stasiun. Kira – kira Apa Saja, ya?

Rindu akan kampung halaman saat mudik pasti sudah menjadi kegiatan yang sepertinya sangat wajib saat jelang hari raya. Tak melulu soal kepadatan penumpang atau harga tiket yang hampir ludes, menggunakan transportasi umum rasanya sudah sangat erat bagi masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi ke tempat tujuan saat hari raya tiba. Nah, menggunakan kereta api baik di jalur utara maupun selatan pasti Anda melewati beberapa stasiun besar maupun kecil di beberapa daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

Baca juga: Stasiun Jatinegara, Gerbang Keluar Masuk Jalur Kereta di Ibu Kota

Tapi tahukah Anda kalau beberapa stasiun yang dilewati kereta api memiliki ciri khas masing – masing saat kedatangan kereta api di stasiun tersebut. Bukan karena bangunannya yang megah dan memiliki cagar budaya, namun stasiun yang memiliki ciri khas musik kedatangan kereta api. Nah, tentunya pasti Anda tidak sengaja terdengar alunan musik tersebut setiap naik kereta api atau menunggu kedatangan kereta di stasiun.

Berikut ini kabarpenumpang.com merangkumnya judul – judul ciri khas musik kedatangan kereta api:

1. Stasiun Jatinegara
Mengawali stasiun yang pertama di Jabodetabek, Jatinegara memang memiliki ciri khas musik yang berbeda saat kedatangan kereta api. Ya, menggunakan musik instrumental dengan judul “Kicir – Kicir” ini membawa ciri khas lagu Kota Jakarta yang mengalun merdu di area Stasiun Jatinegara. Alunan musik tersebut selalu diputar tak selalu pada kedatangan kereta api saja, namun diputar setiap waktu.

2. Stasiun Cianjur
Bergeser ke selatan musik instrumental di stasiun ini dengan judul “Manuk Dadali” yang merupakan ciri khas lagu dari Jawa Barat. Setiap musik tersebut di bunyikan, itu pertanda kereta api akan datang.

3. Stasiun Bandung
Masih di Jawa Barat bagian selatan terdengar alunan lagu kedatangan kereta dengan judul “Sabilulungan” yang merupakan ciri khas musik di Stasiun Bandung. Stasiun yang selalu dipadati oleh penumpang lokal maupun jarak jauh ini, tetap menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Sumber: istimewa

4. Stasiun Cirebon
Menuju utara Jawa Barat alunan musik instrumental hadir di Stasiun Cirebon dengan judul “Kota Cirebon”. Kedatangan kereta api saat masuk di Stasiun Cirebon maupun Stasiun Cirebon Prujakan sering kali disambut dengan lagu tersebut.

Stasiun Cirebon saat ini

5. Stasiun Pemalang
“Ande – ande Lumut” merupakan ciri khas musik instrumental setiap kedatangan kereta api di stasiun ini. Namun tak semua kereta api yang berhenti di stasiun ini di bunyikan ciri khas musik Stasiun Pemalang, hanya yang kereta api berhenti saja yang dibunyikan.

6. Stasiun Pekalongan
Stssiun yang terkenal dengan Kota Batiknya ini memiliki ciri khas lagu instrumental berjudul “Nyidam Sari”. Hampir tak semua penumpang yang tahu persis judul musik kedatangan kereta api di Stasiun Pekalongan. Setelah di telusuri, lagu tersebut berjudul Nyidam Sari.

7. Stasiun Purwokerto
Stasiun yang memiliki lagu khas berikutnya untuk menyambut kedatangan kereta api adalah stasiun Purwokerto, terletak di Kabupaten Banyumas. Lagu khas yang diputar sebagai tanda kereta tiba, berjudul “Di Tepinya Sungai Serayu” dengan genre keroncong. Lagu ini mengisahkan tentang keindahan sungai Serayu, dimana jalur kereta Purwokerto menuju Jogja menyusuri tepi sungai.

8. Stasiun Semarang Tawang & Semarang Poncol
“Gambang Semarang” juga sudah menjadi ciri khas musik instrumental saat kedatangan kereta api. Tentunya musik ini sudah tak asing lagi bagi penumpang yang berada di stasiun dengan ornamen kota tuanya ini.

Stasiun Semarang Tawang masa kini, bangunannya tak berubah dari masa lalu

9. Stasiun Surabaya Gubeng & Surabaya Pasar Turi
Untuk Kota Surabaya memiliki 2 ciri khas musik instrumental kedatangan kereta api. Ciri khas musik Stasiun Surabaya Gubeng berjudul “Rek Ayo Rek” sedangkan Stasiun Surabaya Pasar Turi berjudul “Surabaya Oh Surabaya”. Musik tersebut sudah sangat melekat ke masyarakat khususnya warga asli Surabaya yang hendak menggunakan kereta api.

Baca juga: Arsitektur Neo Indishce Membuat Stasiun Pasar Senen Tak Lekang Oleh Waktu

10. Stasiun Banyuwangi/Ketapang
Menuju ke ujung timur Pulau Jawa, Stasiun Banyuwangi atau Ketapang tak luput dari ciri khas musik kedatangan kereta api berjudul “Luk – luk Lumbu”. Lagu yang merupakan ciri khas Kota Banyuwangi mengalun indah saat dibunyikan di area stasiun.
Itulah beberapa ciri khas musik instrumental stasiun yang selalu dibunyikan saat kedatangan kereta api. Kira – kira ada yang menambahkan ciri khas musik stasiun di kota kalian? (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru