Saturday, October 26, 2024
HomeDestinasiBeroperasi Tahun 2040, Jepang Rencanakan Buat Pesawat Luar Angkasa Antarbenua

Beroperasi Tahun 2040, Jepang Rencanakan Buat Pesawat Luar Angkasa Antarbenua

Ide tak ada habisnya untuk teknologi baru menjadikan Jepang menghadirkan banyak hal baik robot hingga berbagai macam moda transportasi. Di mana pemerintah Jepang dan perusahaan swasta bersiap untuk mengembangkan pesawat luar angkasa penumpang antarbenua.

Baca juga: Cina Sukses Kirim Astronot ke Stasiun Luar Angkasa, AS Panik

Hal tersebut diumumkan Kementerian Sains Jepang yakni pesawat tersebut dapat terbang antar kota-kota besar dunia dalam dua jam atau lebih cepat dengan memanfaatkan teknologi roket. KabarPenumpang.com melansir mainichi.jp (17/5/2021), rencana tersebut diumumkan pada 12 Mei lalu yang bertujuan untuk mencapai tujuannya pada awal awal 2040-an.

Dalam pengembangan ini, dana yang dikeluarkan mencapai sekitar lima triliun yen atau sekitar $46 miliar pada tahun 2040. Kementerian menyusun draf sementara peta jalannya untuk transportasi pesawat ruang angkasa masa depan, yang dibagi menjadi dua fase, pada pertemuan panel ahli pada 12 Mei.

Pada fase pertama, biaya roket H3 generasi berikutnya dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) akan dikurangi setengahnya dari 5 miliar yen (sekitar $46 juta) atau lebih yang dihabiskan untuk H3 Launch Vehicle. Roket baru JAXA yang penerbangan pertama ditetapkan untuk tahun fiskal 2021 dengan menggunakan kembali bagian-bagian badan roket, di antara langkah-langkah lainnya.

Peta jalan tersebut bertujuan untuk meluncurkan roket penerus H3 sekitar tahun 2030, dan untuk lebih mengurangi biaya hingga sekitar sepuluh persen pada awal tahun 2040-an. Dengan memanfaatkan teknik seperti penggunaan kembali bagian-bagian roket, pihak swasta akan memimpin pengembangan kendaraan angkut yang dapat sering bolak-balik antara darat dan luar angkasa.

Ini diharapkan menjadi pesawat ruang angkasa yang dapat dinaiki penumpang. Ada dua bentuk pesawat ruang angkasa yakni satu yang dapat lepas landas dan mendarat di landasan pacu seperti pesawat terbang, dan yang lainnya dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal seperti kendaraan peluncuran Starship yang dikembangkan oleh SpaceX di Amerika Serikat.

Baca juga: Virgin Galatic Uji Coba Pesawat Luar Angkasa Komersial

Sebelum mempertimbangkan peta jalan, kementerian sains memperkirakan ukuran pasar dari berbagai usaha luar angkasa. Disimpulkan bahwa permintaan akan transportasi berkecepatan tinggi yang menghubungkan kota-kota besar di darat akan cukup besar, dengan layanan yang menawarkan peluncuran yang sering membentuk pasar terbesar.






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru