Wow, Negara Ini Memiliki 11 Zona Waktu!

Sumber: carleton.ca

Luas suatu wilayah memang tidak selalu menentukan banyaknya pembagian zona waktu di lokasi tersebut. Sebut saja India dan Cina, dua negara yang diketahui memiliki area yang cukup luas namun hanya terdapat satu perbedaan zona waktu pada kedua negara tersebut. Seperti yang sudah diketahui oleh kita semua, Indonesia memiliki tiga zona waktu, yaitu Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT). WIB sendiri memiliki standar perbedaan waktu GMT +7, WITA di GMT +8, dan WIT di GMT+9.

Baca Juga: Transportasi di Rusia Rawan Serangan Teroris

Sedangkan benua tetangga kita, Australia memiliki jumlah zona perbedaan waktu yang sama dengan Indonesia, yaitu tiga perbedaan waktu. Namun tahukah Anda mengenai negara yang memiliki 11 zona perbedaan waktu dan menjadikannya negara dengan zona waktu terbanyak di dunia? Jika Anda menebak Amerika, maka jawaban Anda kurang tepat karena Negeri Paman Sam hanya memiliki sembilan zona perbedaan waktu.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah Rusia. Ya, negara yang dijuluki Negeri Beruang Merah tersebut memiliki 11 zona perbedaan waktu, dan jarak waktu antar negara dengan dua perbedaan zona waktu adalah satu jam. Lalu, kira-kira apa saja yang unik dari negara ini? Sebagaimana KabarPenumpang.com sarikan dari berbagai sumber, salah satunya dari rbth.com, julukan Negara Matahari Terbit yang selama ini melekat di Jepang nampaknya kurang cocok pasalnya di Petropavlovsk-Kamchatsky, matahari terbit dua jam lebih awal dari Tokyo.

Baca Juga: Dengan Sentuhan Rusia, Kalimantan Bakal Rasakan Jalur Kereta di 2022

Selain itu, di Rusia Anda bisa lebih menikmati waktu luang. Sebagai contoh, Anda membutuhkan waktu delapan jam untuk terbang dari Vladivostok menuju Moskow. Jika Anda terbang pukul 19.00 waktu Vladivostok, maka Anda bisa tiba di Moskow pada pukul 20.00 pada hari yang sama. Hal unik ini diakibatkan oleh perbedaan waktu antara kedua lokasi yang sangat jauh. Jadi, Anda bisa menikmati tujuh jam waktu luang yang tersedia.

Selain itu, Negara ini juga memiliki “jembatan terpanjang di dunia”, dimana Anda membutuhkan waktu dua jam untuk menyebranginya. Tentu saja ini hanyalah gurauan dari warga yang tinggal di Republik Tatarstan dan Republik Bashkortostan, dimana kedua republik tersebut dipisahkan oleh Sungai Ik. Warga setempat mengatakan jembatan yang membelah sungai Ik tersebut sebagai jembatan menuju masa depan, karena membutuhkan waktu dua jam untuk sampai ke sisi seberang, padahal, rentang jembatan tersebut hanyalah 10 meter.

Salah satu adegan di film Yolki. Sumber: youtube.com

Berkat lokasinya yang unik, jembatan ini pernah dijadikan salah satu latar dari film populer Rusia, berjudul Yolki. Dalam film tersebut, diceritakan seorang wanita yang terlambat memanjatkan harapan tahun barunya lalu bergeser melintasi jembatan itu menuju zona waktu yang lebih lambat, sehingga ia bisa memanjatkan permintaan tahun barunya. Sungguh unik!