Vision E³ Way, Jalur Bebas Emisi Rancangan BMW Ini Siap Hiasi Jalanan di Shanghai

Sumber: newatlas.com

Tidak hanya memiliki inovasi di sarana transportasinya saja, perusahaan manufaktur otomotif asal Jerman, BMW, juga diketahui tengah merancang sebuah jalur bebas emisi. Rencananya, jalur bebas emisi ini akan diperuntukkan bagi para pengendara sepeda hingga kendaraan roda dua bertenaga listrik.

Tidak hanya itu, BMW’s Group Technology Office yang berbasis di Shanghai ini menyebutkan bahwa rencana pengadaan jalur khusus ini memiliki banyak kelebihan dan diharapkan agar masyarakat dapat meninggalkan kendaraan bermotor pribadi mereka dan beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Baca Juga: Kendalikan Pikiran Anda, Cara Ampuh Atasi Dampak Stress dari Kemacetan

KabarPenumpang.com merangkum dari laman newatlas.com (23/11/2017), konsep jalur bernama Vision E³ Way ini nantinya akan dieksekusi di atas jalur kendaraan komersial, dimana kendaraan bermotor seperti mobil, motor, hingga truk tidak bisa melintasinya. Vision E³ Way akan ditutupi oleh kubah dan ventilasi pendingin sehingga para penggunanya terbebas dari asap kendaraan bermotor yang biasa mereka temui di jalanan.

“Elevated, Electric, and Efficient” merupakan slogan yang akhirnya diangkat menjadi nama proyek masa depan ini. Konsep Single-Track Zero Emission ini memungkinkan setiap kendaraan yang melintasi di atasnya berlari hingga kecepatan maksimum 25 km per jam. Tidak dapat diakses oleh kendaraan bermotor, berada tinggi di atas jalan komersial, dan bebas dari lampu lalu lintas menjadi beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh BMW untuk menyediakan solusi berkendara keliling kota tanpa harus terkena dampak pengaturan lampu lalu lintas yang menyebabkan kemacetan, dan tentu saja ramah lingkungan.

Sebagai kota terpadat ketiga di dunia dengan 25,2 juta penduduknya, bukan tidak mungkin ide BMW untuk mewujudkan proyek jalur bebas emisi ini didukung oleh warga. Kemacetan di jam tertentu sudah menjadi pemandangan yang lumrah di sini, mungkin tidak jauh seperti kondisi di Ibukota.

Baca Juga: Entaskan Kemacetan Lalu Lintas, Bangalore Canangkan Penggunaan Pod Taxi

Diketahui, beberapa ruas jalan di Shanghai sudah mengaplikasikan jalur khusus untuk pengendara sepeda, yang dibatasi dengan menggunakan tali. Dan ini menjadi keuntungan tersendiri bagi BMW karena mereka tidak harus merencanakan jauh tentang jalur mana saja yang nantinya akan digunakan, cukup mengikuti jalur khusus yang sudah ada sebelumnya.

Setiap pihak memiliki pandangannya masing-masing tentang bagaimana cara mengatasi kemacetan. Sebut saja ide tentang pengadaan taksi udara, hingga penambahan dan pembaruan moda transportasi umum menjadi beberapa contoh ide yang disalurkan oleh berbagai  kalangan untuk mengentaskan kemacetan.