Uji Coba Kereta Cepat Otomatis di Cina Akan Mulai Musim Panas 2019

Kereta cepat otomatis untuk Olimpiade musim dingin Beijing 2022

Sebagai negara yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada 2022 mendatang, Cina tengah bersiap. Salah satunya dengan menghadirkan kereta cepat otomatis yang akan menghubungkan Beijing dan Zhangjiakou. Kereta cepat otomatis ini rencananya akan mulai di uji coba pada tahun 2019 mendatang.

Baca juga: Sambut Olimpiade Musim Dingin 2022, Beijing Siapkan Kereta Cepat “Olympic”

KabarPenumpang.com melansir dari laman nextbigfuture.com (1/5/2018), kereta berkecepatan tinggi otomatis akan mengular di rel sepanjang 174 km yang membentang dari Beijing sampai ke Zhangjiakou. Sekali melaju kereta cepat otomatis ini mampu bergerak hingga 350 km per jamnya.

Pembuatan konstruksi kereta cepat otomatis ini, ternyata sudah di mulai sejak April 2016 lalu dan diharapkan akan selesai pada akhir 2019 mendatang. Dengan panjang jalur sejauh 174 km, akan ada sepuluh stasiun yang mendukungnya.

Tak hanya pengerjaannya yang sudah dimulai sejak 2016, kereta cepat otomatis buatan CRRC Changchun Railways Vehicles Co, kehadiran kereta cepat otomatis ini akan mempersingkat waktu perjalanan dari kedua kota tersebut. Biasanya perjalanan dari Beijing menuju Zhangjiakou di provinsi Hebei ditempuh dalam waktu tiga jam dan setelah adanya kereta cepat otomatis ini akan menjadi satu jam.

Uniknya kereta cepat otomatis ini hanya menggunakan 7,5 persen energi dan lebih sedikit dibandingkan kereta dengan kecepatan yang lebih lambat saat ini. Kereta cepat otomatis pertama akan menyelesaikannya uji coba di rute yang menghubungkan Beijing dengan Shenyang di provinsi Liaoning pada musim panas 2019 mendatang.

Kereta baru tersebut akan dirancang khusus untuk kontingen dan penonton yang melakukan perjalanan antara Beijing dan Zhangjiakou selama Olimpiade Musim Dingin tahun 2022. Kereta ini memiliki gerbong khusus media dengan layanan Wifi dan layar TV untuk melakukan siaran langsung. Gerbong di kereta cepat otomatis juga dilengkapi dengan area pengujian narkoba atlet dan area penyimpanan bagi peralatan olahraga musim dingin milik para kontingen.

Baca juga: Demi Kereta Cepat “Aero Train,” Cina dan Jepang Resmi Berkolaborasi

Nantinya setelah selesai digunakan pada Olimpiade musim dingin Beijing 2022, kereta cepat otomatis akan tetap mengular di jalur kereta dan mengangkut penumpang biasa seperti kereta lainnya dengan rute dan tujuan yang sama. Selain itu kereta cepat otomatis ini juga untuk mendukung pembangunan yang terkoordinasi antara Beijing, Tianjin dan Hebei.