Tingkatkan Keselamatan, Otoritas Transportasi India Siap Sodorkan QR Code untuk Penumpang

Becak Bermotor di India. Sumber: Wikipedia

Ada beragam cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa perjalanan untuk menjamin keselamatan dan keamanan para penumpangnya. Mulai dari penawaran jasa asuransi hingga pemasangan kamera pengawas di dalam kendaraan. Itu semua dilakukan semata-mata hanya untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan para penumpangnya, terutama wanita. Karena sudah bukan jadi hal yang baru lagi ketika kaum hawa kerap kali menjadi korban dari tindak kriminal.

Baca Juga: 1 April 2018, India Wajibkan Penggunaan GPS di Angkutan Umum, Indonesia Bagaimana?

Dalam hal ini, para pengguna jasa black cab, yellow cab, dan becak bermotor online di India akan mendapatkan sebuah QR Code/RFID (Radio Frequency Identification). Dilansir KabarPenumpang.com dari laman dnaindia.com (28/6/2018), petugas kepolisian dan sejumlah pemangku kepentingan terkait tengah meningkatkan keselamatan penumpang dengan mengedepankan modernisasi sistem.

QR Code yang akan diterima penumpang tersebut dipercaya akan memudahkan akses ketika mereka tengah berada dalam situasi darurat, semisal kecelakaan, perampokan, atau situasi lainnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, target utama dari pengembangan sistem keselamatan berkendara di sini adalah keselamatan para penumpang wanitanya. Berbeda dengan kaum pria yang masih bisa mengandalkan akal sehatnya ketika berada dalam kondisi darurat, kebanyakan wanita akan lebih cepat panik ketika dihadapkan dalam kasus yang serupa.

Ketika hal tersebut awalnya bisa dianggap sebagai masalah yang tidak terlalu besar, namun lama kelamaan masalah seperti ini tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Perlu perhatian lebih guna mengentaskan tindak kriminal yang sering terjadi pada kaum hawa ini.

Baca Juga: Tingkatkan Keselamatan, Jepang Luncurkan Pemindai QR Code di Peron Kereta Bawah Tanah

“Kami beserta jajaran lain tengah berupaya untuk memiliki sistem yang mirip dengan QR Code di dalam taksi dan mobil untuk memastikan keselamatan penumpang, terutama wanita” ungkap Amitesh Kumar, Komisaris Gabungan Polisi (Lalu Lintas) Mumbai. Diketahui, saat ini otoritas di India sana tengah mengerjakan perincian dari sistem QR Code ini, seperti jenis sistem keamanan yang akan digunakan, nomor darurat yang bisa dihubungi oleh korban, hingga fitur-fitur lain yang dapat diakses oleh penumpang. Tidak lupa, mereka pun tengah mengembangkan fitur pelaporan lebih dari satu kasus.