Tingkatkan Keamanan Bus Sekolah, IMMI Kembangkan Fitur SafeGuards FlexPlus

Sumber: stnonline.com

Kehadiran bus sekolah memang memberikan kemudahan bagi setiap orang tua dan si anak sendiri. Selain si orang tua tidak perlu lagi repot mengantarkan anak sekolah, si anak pun tidak perlu takut terlambat untuk memulai pelajaran. Namun jika diperhatikan, sudahkah moda yang mengangkut anak sekolah ini memenuhi standar keselamatan? Mungkin beberapa dari armada ini sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman yang menjadi salah satu instrumen keselamatan berkendara, tapi apakah itu saja sudah cukup?

Baca Juga: 10 Poin Penting Sistem Keselamatan di Bus

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman stnonline.com, sebuah organisasi yang berkecimpung di duia keselamatan transportasi, IMMI tidak pernah memalingkan perhatiannya dari perkembangan bus sekolah. Guna meningkatkan keamanan dari bus sekolah ini dari waktu ke waktu, IMMI terus mengawasi evolusi dari SafeGuards, tempat duduk khusus yang terpasang di bus sekolah. Tidak hanya itu, organisasi yang sudah bisa dibilang veteran di dunia keselamatan transportasi ini juga menciptakan kantung udara yang berfungsi jika suatu saat mengalami kecelakaan.

Sumber: schoolbusfleet.com

Melalui wakil presiden tekniknya, Nick Awabdy, IMMI menyebutkan bahwa pada musim panas ini mereka akan menyajikan beberapa terobosan yang dapat meningkatkan keselamatan para siswa. Menyangkut soal pengadaan kantung udara atau yang lebih dikenal dengan sebutan airbag ini, Nick mengatakan bahwa instrumen semacam ini menjadi sangat penting karena dengan hadirnya airbag, tingkat keselamatan para siswa yang berada di dalam bus sekolahan pun akan semakin meningkat. “Itu (pengadaan airbag) akan terjadi,” tutur Nick.

Tidak hanya airbag, IMMI pun turut mengembangkan SafeGuard FlexPlus, bangku yang secara khusus dikembangkan untuk mengingkatkan keselamatan dari bus sekolah. Dalam serangkaian uji coba yang diadakan IMMI pada kuartal empat tahun 2017 kemarin, Nick menggunakan dummy sebagai pengganti siswa yang menggunakan bus sekolah.

Dalam salah satu uji cobanya, sebagaian dummy dipasangkan sabuk pengaman, sedangkan sebagian lainnya tidak. Ketika sebuah truk menghantam bus sekolah dari bagian samping, tampak sebagian dummy terlempar keuar dari bangku, sedangkan dummy yang dipasangkan sabuk pengaman tetap berada di posisinya.

Baca Juga: Pelatihan Terhadap Pengemudi Bus Akan Meminimalisir Tingkat Kecelakaan

IMMI menuturkan bahwa dengan memasang SafeGuards FlexPlus pada bus sekolah, mereka menjamin semua siswa yang berada di dalam bus, baik yang menggunakan sabuk pengaman maupun tidak, akan selamat (tidak terlempar) ketika terjadi benturan keras akibat tabrakan seperti pada uji coba tersebut.