Tidak Puas, LG Kembali Luncurkan Tiga Robot Anyar di Las Vegas Pekan Depan

Sumber: newatlas.com

Setelah berhasil mengembangkan robot di Tanah Airnya sendiri, Korea dimana robot-robot tersebut akan ditugaskan untuk membantu petugas Bandara Internasional Incheon selama Olimpiade Musim Dingin yang jatuh pada 9 hingga 25 Februari 2018, kini raksana elektronik LG Electronics mulai beralih menuju pengembangan robot lainnya.

Melihat dunia robotika sebagai ladang bisnis yang cukup menjanjikan dan diprediksi akan diminati oleh banyak pihak dalam beberapa tahun mendatang, maka tidak heran jika LG memfokuskan diri pada pengembangan teknologi penanda perkembangan jaman ini.

Baca Juga: Sambut Olimpiade Musim Dingin, LG Hadirkan Dua Robot Canggih di Bandara Incheon

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (5/1/2018), pihak LG Electonics akan kembali ‘menggemparkan dunia’ dengan sejumlah robot yang akan diluncurkan pada pertengahan bulan Januari 2018 ini. Rencananya, perhelatan Consumer Electronic Show (CES) Las Vegas 218 akan menjadi saksi dari peluncuran empat robot yang sudah dikembangkan oleh pihak LG sebelumnya.

Berbeda dengan peluncuran robot pada pagelaran CES 2017 kemarin, dimana LG merilis Airport Guide Robot, Airport Cleaning Robot, Lawn Mowing Robot, dan Hub Robot, kali ini LG akan meluncurkan tiga robot yang dibangun untuk melakukan interaksi dengan pelanggan di supermarket berkelas premium. CLOi (dilafalkan KLOH-ee), begitulah robot pembantu pelanggan supermarket ini disebut, memiliki perawakan setinggi orang yang sedang jongkok, ditambah dengan bagian atas yang menyerupai muka seseorang.

Serving Robot. Sumber: newatlas.com

“The Serving Robot memiliki pangsa pasar hotel dan bandara,” tutur pihak LG, dikutip dari laman sumber. Berlandaskan alasan ekonomi dan keamanan, The Serving Robot ini nantinya akan menggantikan tugas manusia di restoran, dimana setiap pengunjung bisa melakukan pemesanan melalui sistem touchscreen yang diterapkan. Makanan pun akan diantar oleh robot ini, dengan  mengandalkan fitur baki built-in, sehingga diperkirakan dapat meminimalisir terjadinya human error seperti makanan yang jatuh dari baki, dan lain-lain.

Porter Robot. Sumber: newatlas.com

Varian lainnya adalah The Porter Robot. Sesuai dengan namanya, wilayah operasi dari robot ini adalah seputaran hotel, dimana robot ini akan membantu setiap pengunjung untuk membawa barang bawaannya menuju kamar yang sudah dipesan. Selain itu, The Porter Robot juga bisa menangani proses check-in dan check-out secara cepat, hingga membantu proses pembayaran.

Shopping Cart Robot. Sumber: newatlas.com

Terakhir adalah Shopping Cart Robot, dimana teknologi ini akan mengambil wilayah operasi di sekitaran supermarket berkelas premium. Tugasnya adalah untuk membantu pengunjung untuk berbelanja, termasuk memindai barcode harga dan menampilkan informasi tentang barang tersebut, hingga menampilkan daftar belanjaan yang dibeli. Dikombinasikan dengan aplikasi di smartphone, pengunjung juga bisa memerintahkan si robot untuk membantu mencari barang yang hendak dibeli.

Baca Juga: Ini Dia Troika! Robot Canggih di Bandara Incheon, Korea Selatan

“Sebagai salah satu tonggak penting dari pertumbuhan perusahaan kami, LG berkomitmen untuk memperluas portofolio di dunia robotika, dimana kehadirannya dapat memberikan kenyamanan dan inovasi nyata dalam kehidupan para pelanggan kami,” tutur Ryu Hye-Jung, kepala divisi bisnis solusi cerdas LG’s Home Appliance & Air Solutions Company.

“Perjalanan kami tidak akan berhenti sampai di sini. Kami akan terus mengembangkan berbagai macam produk yang berkaitan dengan dunia robotika, sembari mencari peluang baru untuk berkontribusi pada kemajuan industri robotika,” timbalnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kejelasan mengenai kapan deretan robot CLOi ini ditawarkan kepada publik.