Tidak Hanya Indonesia yang Punya Tradisi Mudik, Amerika Serikat Juga Punya!

Sumber: India.com

Selain opor ayam dan tradisi bermaaf-maafan, apalagi yang identik dengan Lebaran? Ya, mudik! Tradisi ini seperti sudah mendarah daging di Indonesia dan diwariskan secara turun termurun dari generasi ke generasi. Menyambangi kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga di sana sudah menjadi agenda rutin setiap pekerja di perantauan.

Baca Juga: Perayaan Imlek di Cina, Ratusan Juta Orang Mudik Padati Berbagai Moda Transportasi

Nah, pertanyaannya adalah apakah budaya mudik seperti ini berlaku juga di belahan bumi lain? Dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, budaya pulang kampung seperti di Indonesia pun ternyata ada di luar negeri, namun dikemas dalam nuansa yang berbeda. Tepat, Thanksgiving! Adapun negara yang mengadaptasi budaya ini adalah sang negara Adikuasa, Amerika.

Selain Amerika Serikat, ada Kanada, Liberia, Puerto Riko, dan Pulau Norfolk yang juga merayakan hari bersyukur di ujung musim panen ini. Di Amerika Serikat sendiri, hari Thanksgiving jatuh pada hari Kamis keempat di bulan November, berbeda dengan Kanada yang jatuh pada Senin kedua di bulan Oktober.

Jika diperhatikan, hari Thanksgiving di Amerika Serikat dan Kanada jatuh tidak jauh dari akhir pekan. Momen long weekend tersebutlah yang biasanya digunakan warga Amerika untuk pulang ke kampung halaman masing-masing dan merayakan hari Thanksgiving bersama keluarga tercinta. Beberapa media setempat melaporkan, hari Rabu sebelum perayaan Thanksgiving di Amerika dan hari Minggu sebelum perayaan Thanksgiving di Kanada merupakan hari-hari paling sibuk di sektor transportasi, baik darat, laut, maupun udara. Karena pada momen tersebutlah warga Amerika berbondong-bondong pulang ke kampung halaman masing-masing.

Baca Juga: Duduk Dekat Jendela, Opsi Paling Ideal Untuk Naik Kereta Jarak Jauh

Jika Lebaran di Indonesia identik dengan ketupat dan opor ayam sebagai lauknya, maka hari Thanksgiving di Negeri Paman Sam sana identik dengan olahan ayam kalkun sebagai menu utamanya. Ini merupakan perwujudan rasa syukur mereka atas hari baik dan rejeki yang sudah diberikan kepada mereka.

Jadi, tradisi mudik seperti yang akan kita hadapi dalam beberapa hari ke depan tidak hanya dirasakan oleh warga Indonesia saja ya, Amerika dan sekitarnya pun merasakan hal yang sama dalam balutan nuansa berbeda!