THR Turun, Jangan Lapar Mata! Intip Tips Belanja Efisien Untuk Pulang Kampung

Sumber: istimewa

Selain mudik, apa lagi sih hal yang identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri? Bukan ketupat, bukan pula opor ayam, tapi THR (Tunjangan Hari Raya)! Ya, sudah mendarah daging dari jaman dulu, pembagian THR selalu menghiasi rekening Anda beberapa hari sebelum Hari Raya tiba. Sudah barang tentu, belanja menjadi opsi sejumlah lapisan masyarakat yang hendak menikmati hasil jerih payahnya tersebut.

Baca Juga: 7 Tips Belanja Indah di Bandara Changi

Bahkan tidak sedikit juga orang-orang yang berniatan untuk memboyong THRnya tersebut ke kampung dengan bentuk yang sudah ditransformasikan menjadi barang, seperti baju dan lain-lain. Nah, mengingat rasa dermawan setiap orang mendadak meningkat ketika memegang banyak uang, maka tidak heran jika setiap orang yang hendak pulang kampung akan membelanjakan THRnya tersebut dan menjadikannya buah tangan.

Tentu saja belanja untuk pulang kampung ini tidak bisa sembarangan dan perlu perhitungan yang tepat sasaran. Jangan sampai keasyikan belanja dan akhirnya malah ‘melubangi’ rekening Anda di bank. Maka dari itu, KabarPenumpang.com sarikan sejumlah tips yang dapat Anda coba realisasikan ketika mempersiapkan momen pulang kampung, dihimpun dari sejumlah laman sumber.

Pertama, pastikan Anda tidak melulu tergiur dengan iming-iming diskon yang terpampang di hampir setiap toko. Ya, dengan kata lain, Anda harus membulatkan tekad terlebih dahulu sebelum mulai berburu baju Lebaran atau perlengkapan lainnya, jangan sampai Anda khilaf dan membeli barang yang semestinya tidak Anda beli. Sayang, bukan?

Kedua, Anda juga dituntut untuk tidak ceroboh memilih promo. Tidak sedikit kita lihat di pusat perbelanjaan, ada banyak sekali promo yang disertai dengan tanda bintang berukuran super kecil pada akhir tulisan. Ya, biasanya pada bagian bawah promo tersebut tercantum kalimat yang menjelaskan bahwa promo berlaku setelah Anda berbelanja dengan minimal pembayaran sekian rupiah. Alih-alih menghabiskan uang untuk promo semacam itu, ada baiknya uang Anda digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, bukan?

Baca Juga: Agar Barang Bawaan Tak Kena Denda, Cermati Ketentuan dari Bea Cukai di Bandara!

Tips ketiga yang juga bisa Anda coba adalah berbelanja secara online. Selain dapat meminimalisir lapar mata dengan melihat barang secara langsung, belanja online pun dapat dilakukan dimanapun Anda berada, tidak perlu capek-capek mengantri, berdesak-desakan, atau berpanas-panasan di jalan.Tapi jangan asal comot saja, pastikan toko online tempat Anda berbelanja sudah memiliki nama dan rating yang bagus dari pembeli.

Sumber: istimewa

Dan yang terakhir efisienlah dalam berbelanja. Selain dapat menghindari uang yang terbuang percuma, dengan memilah kebutuhan mana yang patut untuk dibeli dan keinginan mana yang bisa dikesampingkan, ini dapat mempengaruhi perjalanan mudik Anda. Tentu Anda sering melihat ada banyak mobil yang mengangkut barang-barang secara ilegal di bagian atasnya, kan? Ya, itu adalah salah satu tanda kurang efisiennya masyarakat dalam menghabiskan uang THR. Bijaksanalah dalam membelanjakan uang THR Anda!