The Solo, Electric Vehicle Roda Tiga yang Ramah Lingkungan nan Nyentrik

The Solo. Sumber: Newatlas.com

Ketika ditanya, “Moda apa yang bergerak dengan menggunakan tiga roda?”, mungkin kebanyakan dari Anda akan bajaj, bemo, atau becak. Tidak ada yang salah dengan semua jawaban tersebut. Tapi, kini jaman sudah berkembang dan tidak hanya tiga moda tersebut yang memiliki tiga roda. Pasalnya, induk perusahaan dari Intermeccanica International Inc., Electra Meccanica telah merancang sebuah moda futuristik yang mampu berjalan dengan menggunakan tiga roda.

Baca Juga: EMBATT, Baterai Mobil Yang Dapat Menempuh Jarak 1000 Km

Alih-alih menggunakan bahan bakar fosil seperti bajaj dan bemo atau tenaga manusia seperti becak, The Solo – mobil tiga roda karya Electra Meccanica – menggunakan listrik sebagai motor utama moda berbentuk unik ini. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (13/7/2018), moda seberat 675 kg ini mampu melesat pesat hingga menyentuh angka 82 mph atau yang setara dengan 132 km per jam.

Menggunakan baterai berkapasitas 17,3 kWh, moda ini mampu menempuh jarak hingga 161 km dalam sekali charge. Untuk bagian interiornya sendiri, The Solo memiliki fitur yang tidak jauh dengan mobil konvensional kebanyakan. Sebuah bangku single seat, AC, reverse camera, pemutar musik berteknologi stereo Bluetooth, kaca spion, wiper, hingga bagasi berkapasitas 285 liter. Keunikan terdapat pada fitur keyless yang memungkinkan pengguna berkendara tanpa menggunakan kunci.

Ketika masterpiece dari moda ini sudah berhasil mengundang decak kagum dari berbagai kalangan, kini waktunya Electra Meccanica untuk mulai memproduksinya secara massal. Dalam rencananya untuk memproduksi kendaraan futuristik ini dalam skala besar, perusahaan menggandeng Zongshen Industrial Group, manufaktur otomotif asal Cina yang sudah menandatangani kesepakatan kerja sama pada bulan Oktober tahun lalu.

Baca Juga: Serap Pengguna Mobil Listrik Lebih Banyak, Queensland Gratiskan Electric Super Highway

Dengan menggaet Zongshen Industrial Group, Electra Meccanica berharap bisa menembus target produksi sebanyak 75.000 kendaraan dalam jangka waktu tiga tahun ke depan. Adapun rincian pembuatannya terbagi ke dalam tiga sesi: 5.000 armada dalam satu tahun pertama, 20.000 armada di tahun yang kedua, dan 50.000 sisanya di tahun ketiga.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menimang salah satu dari mobil ramah lingkungan ini? Bagi Anda yang tertarik, Electra Meccanica mematok harga US$15.000 atau yang setara dengan Rp216 juta untuk satu unit The Solo. Mengingat produksi yang masih inden, maka Anda bisa memesannya terlebih dahulu dengan dana awal US$250 (Rp3,6 juta).