“The Ampere,” Kapal Ferry Bertenaga Listrik Pertama di Dunia!

Kapal Ferry The Ampere. Sumber: Siemens

Dewasa ini, sudah banyak sekali kita dengar pemberitaan tentang perkembangan mobil bertenaga listrik yang mengusung embel-embel ramah lingkungan, sebut saja Tesla yang dikembangkan oleh pemilik dari The Boring Company, Elon Musk. Tidak hanya mobil konvensional saja yang mulai dikonversikan menggunakan tenaga listrik, bus pun demikian. Beberapa negara seperti Jepang dan Cina sudah mulai menaruh konsentrasi dalam pengembangan si raksasa jalanan.

Baca Juga: Kenali 10 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia

Itu dari moda darat, kini beralih menuju moda udara yang juga sudah mulai terinfeksi sumber tenaga listrik. Sebut saja Boeing dan puluhan perusahaan yang bergerak di bidang aviasi kini tengah berupaya untuk menghadirkan pod udara minim emisi. Lalu bagaimana dengan moda laut? Apakah mungkin kapal-kapal ferry atau moda laut lainnya menggunakan sumber tenaga listrik sebagai penggeraknya? Mungkin The Ampere dan Elektra menjadi jawaban dari pertanyaan di atas.

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, The Ampere atau yang memiliki nama resmi ZeroCat ini merupakan sebuah ferry yang dibangun oleh Norwegian Shipyard Fjellstrand di Omastrand. Dalam perakitannya, turut bekerja sama pula Siemens dan Norled yang diketahui sebagai calon penggunanya. Nama The Ampere sontak mencuri perhatian dunia karena kapal yang mulai beroperasi pada Mei 2015 ini merupakan ferry bertenaga listrik pertama di dunia.

Dengan mengandalkan tenaga listrik sebagai penggerak utamanya, sudah barang tentu kapal ini menghasilkan emisi dan suara yang minim, tidak seperti ferry-ferry lain yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Kapal ferry ini sendiri beroperasi di Sognefjord (Norwegia), sebuah ‘persimpangan’ sepanjang 5,7km yang menghubungkan Desa Lavik dan Oppedal.

Hadirnya The Ampere ini dilatarbelakangi oleh sebuah kompetisi yang diadakan oleh Kementerian Transportasi dan Komunikasi Norwegia pada tahun 2011 silam. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghadirkan sarana transportasi laut yang ramah lingkungan, dan tetap kapabel untuk menghubungkan dua titik tersebut.

Baca Juga: HYBRIDShip Bangun Kapal Ferry Tanpa Emisi

Norlad sendiri yang berperan sebagai operator mengaku bahwa penggunaan tenaga listrik dapat memangkas emisi sebesar 95 persen, dan total biaya hingga 80 persen. Dari kabar terakhir yang didapat, perusahaan baru saja mengembangkan powertrain listrik dan sistem baterai dengan kapasitas lebih dari 1MWh untuk menggerakkan The Ampere.

Dengan menggunakan kapasitas baterai dan powertrain listrik baru tersebut, maka diperkirakan kapal ferry bertenaga listrik pertama di dunia ini mampu melakukan perjalanan lebih dari 34 kali dalam sehari, jumlah perjalanan yang kini dilakukan oleh operator The Ampere.