“Terowongan Cinta” di Ukraina, Salah Satu Jalurnya Menuju Pangakalan Militer Rahasia

Tunnel of Love Ukraina

Tunnel of Love atau terowongan cinta tak hanya dimiliki oleh Rumania, tetapi terowongan ini pertama kali ada di Ukraina. Tak jauh berbeda bentuknya dengan di Rumania, bahkan terowongan cinta di Ukraina sendiri masih beroperasi.

Baca juga: “Tunnel Of Love” Rumania, Harta Karun Tersembunyi di Eropa

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, terowongan cinta di Ukraina sendiri jalurnya masih digunakan oleh kereta api barang oleh pabrik kayu lapis Odek di desa Orzhiv. Kereta pengangkut panel kayu tersebut melalui jalur Klevan menuju ke jalur utama di pasar Eropa Barat.

Kereta pengangkut kayu ini berjalan melalui terowongan cinta Ukraina beberapa kali dalam sehari, tergantung banyak kayu yang akan di angkut. Sebenarnya terowongan cinta ini sendiri terletak diantara Klevan dan desa Orzhiv di jalur Kovel-Riven dengan jarak tujuh kilometer.

Kemudian jalur terbagi dua dengan satu mengarah ke Klevan dan lainnya ke arah pangkalan rahasia militer yang tersembunyi di hutan saat perang dingin. Bila kembali kemasa itu, pohon-pohon sengaja ditanam di samping lintasan untuk menyembunyikan pengangkutan peralatan militer.

Bila menggunakan Google untuk mencari pangkalan rahasia ini, kemungkinan masih digunakan, sebab masih menunjukkan sejumlah besar kendaraan militer di pangkalan rahasia tersebut. Meski bukan pepohonan yang membentuk terowongan cinta ini tidak tumbuh sendiri melainkan di tanam, tetapi karena keunikannya banyak pelancong dan fotografer yang mengabadikan keindahanya.

Dikarenakan masih aktif untuk digunakan, para pelancaong meski lebih berhati-hati dan terkadang membuat operator kereta api juga ikut waspada dalam menjalankan kereta barang tersebut. Sebab tahun 2016 lalu seorang pelancong Jepang berusia 38 tahun tertabrak kereta dan membuatnya patah tulang, tetapi insiden ini tidak dibuka ke publik.

Baca juga: Serba-Serbi Channel Tunnel, Terowongan Rel Terpanjang Kedua di Dunia

Terowongan cinta Ukraina ini juga disebut dengan Green Mile Tunnel karena cabang-cabang pohon yang melengkung di atas rel kereta api. Pada musim semi dan panas ketika pepohonan berada di puncak kemerahan, daun begitu lebat dan pada musim gugur meski sedikit daun tetap terlihat menarik.

Bila musim dingin tiba, salju yang menutupi daun dan pohon begitu indah karena warna putih menghiasi terowongan ini. Ada legenda masyarakat lokal yang mengatakan, bila ada pasangan yang mengunjungi terowogan ini akan diberikan harapan asalkan niat mereka tulus.