Tak Sampai 24 Jam, Cina Rampungkan Pembangunan Stasiun Ini!

Sumber: dailymail.co.uk

Jika Anda dilontarkan pertanyaan, “Kira-kira berapa waktu tercepat untuk membuat sebuah stasiun kereta api?” Mungkin beberapa dari Anda akan menjawab hitungan bulan atau bahkan tahun. Sayangnya semua jawaban tersebut masih sangat jauh dari kenyataan. Tahukah Anda, di Cina ada sebuah stasiun kereta yang dibangun dalam kurun waktu kurang dari 24 jam saja! Wah, seperti apa ya penampakan stasiunnya? Berapa orang yang dipekerjakan dalam pembangunan secepat kilat tersebut?

Baca Juga: Berkiblat ke Jerman, Cina Hadirkan Skytrain Generasi Terbaru

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman dailymail.co.uk (22/1/2018), sebuah stasiun kereta api yang dikerjakan oleh 1.500 orang ini dibangun di Provinsi Fujian, Cina Selatan. Tidak hanya jumlah pekerjanya saja yang fantastis, namun waktu pengerjaannya lebih mengundang decak kagum. Etos kerja, kecepatan, dan efisiensi kontraktor Tiongkok membuat stasiun ini rampung dalam sembilan jam saja!

Para pekerja yang digembleng untuk membangun stasiun Nanlong di kota Longyan ini dibantu oleh kehadiran 7 kereta dan 23 alat berat. Dapat dibayangkan bagaimana hectic-nya suasana di sana ketika proses pembangunan. Pengapnya udara khas proyek pembangunan, ditambah dengan tingginya tensi di lapangan membuat banyak kalangan makin salut dengan pencapaian yang berhasil diraih oleh China Tiesiju Civil Engineering Group selaku kontraktor.

Lebih hebatnya lagi, stasiun yang dibangun hanya dalam waktu sembilan jam tersebut tidak hanya menyelesaikan bangunan fisik, melainkan sistem persinyalannya pun sudah siap digunakan. Bak pembangunan instan di sebuah video game! Adapun pengerjaan stasiun ini dimulai pada Jumat (19/1/2018) malam, dan selesai pada Sabtu (20/1/2018) dini hari.

Menurut pihak kontraktor, pekerjaan ini dapat rampung dalam waktu yang sangat singkat karena adanya pembagian unit, dimana masing-masing unit memiliki konsentrasi pekerjaannya sendiri. Total, ia mengatakan ada tujuh unit yang turun pada malam pembangunan stasiun yang menghubungkan Jalur Nanlong dengan tiga jalur kereta yang sebelumnya sudah beroperasi (existing), yaitu jalur Ganlong, Jalur Ganruilong dan Jalur Zhanglong.

Baca Juga: Tembus Pegunungan Qinling, Cina Luncurkan Kereta Cepat Lintasi Wilayah Utara dan Selatan

Dikutip dari sumber lain, Jalur Nanlong sendiri yang memiliki panjang total 146km ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018. Jalur ini dirancang khusus agar dapat dilalui oleh kereta dengan kecepatan maksimum mencapai 200km/jam dan mampu menghubungkan wilayah Cina sebelah Tenggara dan Cina Tengah.