Tak Mau Kalah dengan Eropa, India Kini Hadirkan Kereta Cepat

Gerbong baru kereta di India (zeenews.india.com)

Perkembangan teknologi kereta api dunia semakin hari semakin maju. Salah satunya dalah dengan adanya kereta cepat yang kini semakin merambah negara-negara di Asia selain Jepang dan Cina.

Baca juga: Sambut Olimpiade Musim Dingin 2022, Beijing Siapkan Kereta Cepat “Olympic”

Hal ini terbukti dimana India mulai ikut memproduksi kereta berkecepatan tingginya. KabarPenumpang.com melansir dari laman zeenews.india.com (25/4/2018), dimana kereta kecepatan tinggi ini nantinya akan berjalan tanpa mesin dan diberi nama Train 18.

Kereta ini akan diberikan fasilitas yang lebih baik bagi penumpang dan diharapkan akan secera diluncurkan di rel kereta api India. Indian Railways, saat ini juga berusaha mengubah tampilan kereta mereka dan memberikan perjalanan dengan pengalaman kelas dunia bagi masyarakat serta pelancong.

Ini terlihat dari perubahan warna gerbong dan di tambahkan nuansa yang berbeda. Sedangkan untuk kereta kecepatan tinggi tanpa mesin ini akan mampu berjalan dengan kecepatan 160 km per jam dan akan didorong oleh lokomotif yang menyatu dengan kereta tersebut.

Gerbong baru kereta di India (zeenews.india.com)

Kereta ini akan dibuat oleh Integral Coach Factory (ICF), perusahaan pembuat kereta di India dan mampu menampung penumpang duduk sebanyak 1128 orang dalam 16 gerbong kereta. Tempat duduk yang dihadirkan pada kereta cepat ini akan dibuat super nyaman, pintu otomatis, toilet vakum seperti yang ada di pesawat, ruang untuk penumpang dengan menggunakan kursi roda serta toilet yang ramah untuk disabilitas.

Nantinya kereta cepat tersebut akan memiliki interior maupun eksterior yang mewah dengan bagian depan kerucut dan menggunakan bahan dasar fiberglass. Tampilan kereta nantinya akan menyerupai kereta api kecepatan tinggi Eropa.

Baca juga: Demi Kereta Cepat “Aero Train,” Cina dan Jepang Resmi Berkolaborasi

Selain itu, kereta tersebut merupakan generasi terbaru dengan segala fasilitasyang dihadirkan untuk kenyaman penumpang. Pintu gerbong kereta ini pun nantinya akan tepat dengan platform dan memungkinkan penumpang turun dengan nyaman. Rem yang digunakan pada kereta cepat juga memiliki cakram yang bisa menghentikan kereta dalam sekejap.

Saat ini, ada dua set kereta, yang dijadwalkan akan diproduksi pada tahun 2018-2019 dan peluncuran unit pertama diharapkan pada Juli mendatang. Satu set kereta ini akan memiliki 16 gerbong dan ICF sendiri diketahui telah memproduksi 2503 gerbong dari 68 varian selama 2017-2018.