Tak Direm Saat Parkir, Lokomotif Diesel di India Meluncur Sejauh 40 Meter

Lokomotif India (India.com)

Sebuah lokomotif diesel tanpa pengemudi meluncur menuruni rel sepanjang hampir 40 meter di stasiun kereta api Anand Vihat di timur Delhi pada Sabtu (14/4/2018). Karena insiden ini masinis ditangguhkan alias tak bisa melaksanakan tugasnya sementara karena kelalaian yang dituduhkan.

Baca juga: Nyaris Celakakan 1.000 Penumpang, Tujuh Petugas Kereta Api India Diganjar Sanksi Berat!

Penangguhan tersebut juga diberikan saat dimulainya perintah penyelidikan pada lokomotif yang tergelincir tersebut. KabarPenumpang.com melansir dari laman energyinfrapost.com (15/4/2018), insiden ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 14.33 waktu serempat. Kemungkinan penyebab terjadinya insiden adalah rem tangan yang tidak di tarik dengan benar saat memarkirkan lokomotif.

“Ini berguling sekitar 40 meter dan tergelincir pada titik di ujung timur garis dengan tiga roda. Semua gerakan aman dan gerakan kereta lainnya normal. Masinis telah ditangguhkan dan penyelidikan telah diperintahkan,” ujar juru bicara North Railway.

Dia mengatakan, rem tangan yang berada di dalam lokomotif harusnya ditarik saat lokomotif di parkirkan. “Ada puluhan lokomotif setiap hari dan diparkir dengan rem tangan mereka diaplikasikan dan tidak ada insiden yang tidak diinginkan terjadi jika rem tangan mencengkeram roda dengan benar,” jelas seorang petugas.

Kejadian ini terjadi satu minggu setelah sebelumnya ada 22 gerbong kereta tepatnya pada 6 April 2018 kemarin dan membuat seribu orang penumpangnya panik. Dimana 22 gerbong kereta Ahmedabad-Puri Express dengan penumpang didalamnya melakukan perjalanan 10 km tanpa mesin di distrik Balangir Odisha.

Kejadian ini tampaknya karena adanya selip rem dan untungnya tidak ada penumpang yang terluka. Hal tersebut membuat tujuh orang karyawan kereta diberhentikan. Setelah kejadian ini, Kepala Badan Kereta Api India mengatakan berhasil menurunkan insiden pada 2017-2018.

Baca juga: Tindaklanjuti Masalah Malfungsi Roda Kereta, Indian Railways Siap Pasang Sensor Canggih!

Hal ini terlihat dari catatan setelah lima dekade, bahwa pada 30 Maret tahun ini hanya ada 73 kecelakaan dilaporkan di seluruh jaringan dan menjadi yang terendah dalam 57 tahun. Diketahui pada November 2016 ketika 14 gerbong Indore-Patna Express meluncur dari rel sekitar 100 km dari Kanpur menewaskan 150 orang. Kemudian pada Agustus tahun lalu, 20 orang tewas setelah Puri-Haridwar Utkal Express digelincirkan di Muzaffarnagar milik Uttar Pradesh.