Singapore Duck Tour, Wisata Amfibi dengan Rantis eks Perang Vietnam

Melintasi gedung-gedug tua Singapura (DUCK & HiPPO)

Bisa menumpangi kendaraan amfibi laksana pasukan Marinir boleh jadi adalah obsesi bagi banyak wisatawan, namun sayangnya di Indonesia, setidaknya sampai saat ini belum ada pengelola wahana wisata yang menyajikan layanan tersebut. Meski toh harus ke luar negeri, sebenarnya merasakan sensasi naik rantis (kendaraan taktis) milik Marinir bisa Anda rasakan di Singapura.

Persisnya sejak 14 tahun silam, Captain Explorer DUKW Tour telah menjadi salah satu daya tarik wisata di Negeri Pulau tersebut. Dengan menumpangi rantis amfibi eks Perang Vietnam, selama kurang lebih satu jam Anda akan diajak berkeliling mengutari kawasan Marina, tentu saja lengkap dengan ‘suguhan’ mengarung di sekitaran Marina Bay yang megah dan berlanjut melaju bak bus di jalanan kawasan Raffles serta bangunan bersejarah di sekitarnya.

Baca juga: Cavenagh Bridge, Jembatan Tertua di Singapura. Indonesia Punya Lebih Tua, Lho!

Singapore Duck Tour atau Captain Explorer DUKW memiliki empat roda dengan bentuk seperti perahu. Bentuk seperti perahu yang memudahkannya untuk bergerak saat masuk ke sungai daerah Marina dan mampu mengangkut penumpang kurang lebih 20-an penumpang dalam sekali jalan. Apa sih yang dimaksudnya dengan DUKW? Persisnya kode “D” menyiratkan kendaraan amfibi ini dirancang pada tahun 1942, “U” menandakkan sifat kendaran yang serbaguna (utility), “K” menginformasikan bahwa kendaraan ini mengandalkan all wheel drive, dan “W” artinya dual tandem rear axles. Saat melaju di atas air, kendaraan ini mengandalkan bilah propeller seperti lazimnya kapal penumpang.

Perjalanan Duck Tour dimulai dari Suntec City Mall dengan berkeliling sungai melihat panorama patung Merlion dan Esplanade, Marina Bay, kemudian disuguhkan pemandangan khas kota Singapura yang menakjubkan. Selanjutnya Duck Tour akan membawa para pelancong ke darat dengan melewati Singapore Flyer dan Esplanade serta yang terakhir mengelilingi Civic Distric di Singapura untuk menikmati bangunan bersejarah.

Duck Tour saat berada di air mengeliling Merlion dan Marina Bay (DUCK & HiPPO)

Lama perjalanan Duck Tour ini kurang lebih satu jam dengan tiket untuk sekali naik saja, berbeda dengan Hippo Bus yang tiketnya berlaku 24 jam dan tidak bisa nyemplung ke air. Untuk tiketnya dewasa S$33,90 dan anak diatas 2 tahun S$22,90 serta anak usia 1-2 tahun S$1,90, harga ini untuk hari Senin sampai dengan Minggu. Bagi Anda yang berminat, jauh-jauh hari sebelum tiba di Singapura Anda bisa membeli tiketnya via layanan online. Titik pemberangkatan Duck Tour dari area parkir di Singapore Flyer.

Baca juga : Ini Dia! Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Aneh di Singapura

Dengan bandrol tiket yang relatif terjangkau, menjajal Duck Tour di Singapura cukup direkomendasikan, terlebih di Indonesia belum ada wahana wisata yang menyajikan layanan sejenis itu. Interval jadwal perjalanan Duck Tour juga dibuat cukup rapat, dimulai dari pukul 10.00 sampai 18.00, setiap jamnya akan selalu ada jadwal pemberangkatan dari Singapore Flyer. Sebagai prosedur keselamatan, sebelum naik ke DUKW, para calon penumpang diwajibkan melihat video keselamatan, terutama cara mengenakan pelampung bila terjadi kondisi darurat di air.

DUKW merupakan kendaraan yang ditawarkan untuk melintasi kawasan sungai dan danau, kendaraan amfibi jenis ini juga pernah digunakan untuk menolong korban banjir di Florida.