Serba-Serbi Empat Warna Pada Cover Paspor

Berbagai warna paspor di dunia

Di Indonesia warna cover paspor yang kita kenal adalah hijau, terkecuali paspor Haji dan paspor diplomatik yang warnanhya berbeda. Namun saat bertandang ke terminal imigrasi di bandara, barulah kita sadar bahwa beberapa warga asing memegang buku paspor dengan warna cover berbeda dari kita.

Baca juga: Mau Berlibur ke Istanbul? Baca Dulu Beberapa Tips Berikut Ini!

Sebenarnya, terlepas dari kenyataan paspor adalah hal terpenting bagi seorang pelancong, sebagai masyarakat terkadang tak sadar akan warna paspor setiap negara berebeda. KabarPenumpang.com merangkum dari beberapa sumber di dunia ada empat warna paspor menurut Organisasi Penerbangan Sipil Interasional yakni merah, hijau, biru dan hitam.

1. Merah
Warna ini adalah yang paling lazim digunakan dan biasanya dipilih dan digunakan oleh negara-negara yang memiliki sejarah atau menganut sistem komunis. Warga Slovenia, Serbia, Latvia, Romania, Cina, Rusia, Polandia dan Georgia. Selain itu warna paspor ini juga dipakai negara anggota Uni Eropa kecuali Kroasia. Negara yang tergabung dengan Uni Eropa yakni Turki, Macedonia dan Albania juga mengganti warna paspor menjadi merah beberapa tahun silam. Negara lain yang menggunakan warna merah adalah Bolivia, Kolombia, Ekuador dan Peru.

2. Hijau
Tak hanya menjadi simbol alam dan kehidupan, paspor berwarana hijau juga mencerminkan agama mayoritas di suatu negara. Biasanya yang menggunakan paspor berwarna hijau adalah negara mayoritas muslim seperti Arab Saudi, Pakistan, Bangladesh dan Indonesia. Sebagian negara di Afrika Barat yakni Nigeria, Niger dan Segal juga punya warna paspor hijau karena termasuk dalam bagian Economic Community of West African States.

3. Biru
Ini menyimbolkan dunia baru dan warna ini di pakai 15 negara Karibia serta menjadi warna ketiga terbanyak yang digunakan untuk paspor. Negara Amerika Selatan seperti Brazil, Argentina dan Paraguay juga menggunakan paspor biru. Sampul yang menghubungkan dengan Mercosur, menyimbolkan organisasi negara-negara Amerika Selatan. Salah satu paspor biru yang terkenal adalah milik warga Amerika Serikat, tetapi pergantian warna menjadi biru setelah tahun 1994. Dulunya, negeri Paman Sam ini sempat menggunakaan warna merah dan hijau. Memilih warna biru karena mewakili bendera Amerika.

Baca juga: Kenali 10 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia

4. Hitam
Paspor dengan warna hitam sangat jarang digunakan dan berfungsi paling umum. Hanya ada sepuluh negara yang menggunakan warna tersebut. Sebagian negara Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, Malawi, Trinidad dan Tobago. Selain itu Selandia Baru juga menggunakan warna hitam yang mengacu pada warna nasional negara tersebut.